Beranda ekonomi Petani Kembangkan Kakao, Kaubun Bakal Jadi Sentra Kakao di Kutim

Petani Kembangkan Kakao, Kaubun Bakal Jadi Sentra Kakao di Kutim

703
0

SANGATTA (19/10-2018)
Kecamatan Kaubun berupaya menjadi pusat pengembangbiakan tanaman kakao di Kutai Timur, terlebih saat ini dilakukan pengembangan 500 hektar kebun kakao. Camat Kaubun, Muhammad Amin kepada Suara Kutim.com belum lama ini menyebutkan pembibitan kakao di Kaubun terus dilakukan dengan mengawinkan dua jenis bibit.
Camat yang doyan ke sawah ini, menyebutkan dari perkawinan silang yang dilakukan menghasilkan tanaman kakao berkualitas. Berdasarkan potensi yang ada, serta antusias masyarakat Kaubun untuk mengembangkan kakao, Amin optimis kecamatannnya menjadi penghasil kakaor terbesar di Kutim. “Pengembangan kakao dilakukan masyarakat dengan membentuk kelompok tani, sedangkan desa yang sudah melakukan yakni Desa Kadungan Jaya, Bukit Permata, Mata Air dan Desa Bumi Jaya. Selain itu, program pengembangan tanaman kakao di Kutim ini bukan merupakan program pemerintah pusat, namun lebih kepada upaya pengembangan dan pemberdayaan petani,” bebernya.
Di Kutim pengembangan kakao pernah dilakukan masyarakat Busang, namun karena jarak dan sulit memasarkan, akhirnya banyak kebun kakao tidak terawat. Belakangan, puluhan hektar kebun kakao telah disulap menjadi kebun kelapa sawit.(SK3)

Artikulli paraprakNarkoba Merajalela, Pemkab Kutim Wajib Punya Regulasi Nyata
Artikulli tjetërDemi Partisipasi Pemilih Meningkat, KPU Kutim Kunjungi Sekolah