Beranda ekonomi Pimpred Suara Kutim.com Ikuti UKW Utama di PWI Kaltim

Pimpred Suara Kutim.com Ikuti UKW Utama di PWI Kaltim

549
0
Ketua PWI Kaltim Endro S Effendi memberikan pengarahan pada pembukaan UKW PWI Kaltim Angkatan XV yang digelar di Gedung PWI Kaltim Jalan Biola Samarinda.

SANGATTA (27/7-2019)

               Sesuai UU Pers dan Keputusan Dewan Pers tetang kompetensi wartawan, Syafranuddin – Pimpred Suara Kutim.com yang juga wartawan SK Swara Kaltim Samarinda, Sabtu (27/7) selama 2 hari mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Utama yag digelar PWI Kaltim.

Suasana peserta UKW PWI Kaltim saat melaksanakan tugas yang diberikan penguji.

                UKW yang ke XV ini, digelar PWI Kaltim diikuti 24 orang yang terdiri 18 orang tingkat muda dan 6 orang tingkat utama. Peserta UKW yang dari berbagai media massa se Kaltim ini, salama 2 hari diuji  Rita Sri Hastuti dari PWI Pusat, Zaenal Helmie Ketua PWI Kalsel, Refa Riana Ketua PWI Jabar, dan Endro S. Efendi Ketua PWI Kaltim.

                Menurut Ketua PWI Kaltim Endro S Effendi, setiap tingkatkan materi ujinya berbeda-beda karena masing-masing tingkatkan tugas kesehariannya juga beda seperti muda umumnya untuk wartawan yang berada di lapangan, sementara madya bagi redaktur sedangkan utama untuk Pimpred. “Karenanya materi ujian yang dilakukan jauh berbeda, ini tiada lain sesuai peran masing-masing seperti utama ia harus benar-benar menguasai UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan terbaru PPPRA,” beber Endro yang belum lama ini berhasil menyelesaikan pendidikan di Lemhanas.

                Diakui, UKW ke XV yang digelar PWI Kaltim dengan dukungan PT Pupuk Kaltim, PT Pertamina Hulu Makakam dan SKK Migas ini, ada 2 materi uji baru yakni pemahaman akan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). “Dua uji baru selain materi uji lainnya,jika tidak menguasai maka peserta dianggap belum kompeten untuk melaksanakan tugasnya sebagai insan pers,” tandas Endro.

                UKW yang dibuka Rita Sri Hastuti – PWI Pusat, disebutkan Endro memberi manfaat banyak bagi wartawan dan media massanya karena wartawan akan sadar dan mengetahui mana boleh dan tidak boleh.

                PWI Kaltim saat ini beranggotakan 355 orang, dan telah menggelar 15 kalu UKW yakni di Samarinda sebanyak 7 angkatan, Balikpapan (2), Kukar (2), Bontang Berau dan Kutim masing-masing 1 angkatan. “Dari 300 peserta UKW, 253 orang dinyatakan kompeten. Sementara anggota PWI yang dinyatakan kompeten tingkat muda dan madya masing – masing 64 orang, utama 33 orang,” terang Endro seraya menambahkan tidak semua wartawan yang dinyatakan kompeten anggota PWI.(SK8)

Artikulli paraprakBanyak Pengelola Hotel Tak Paham Perhitungan Pajak
Artikulli tjetërKangen Tanah Suci, Jamaah Haji Kutim dan Bontang Gelar Halal biHalal