Beranda ekonomi Pisang Kepok Kutim Diakui Nasional

Pisang Kepok Kutim Diakui Nasional

1364
0
Kadis Pertanian dan Peternakan Kutim, Syarifuddin Ginting (Kiri)

SANGATTA,Suara Kutim.com
Kutim terus mengembangkan sejumlah komoditas pertanian unggulan Kutim seperti pisang, jeruk dan salak  yang dikenal dengan produk Borneo Prima (BP).  Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutim Syarifuddin Ginting kepada wartawan saat memberikan pemaparan presentasi potensi pengembangan pertanian dan peternakan Kutim, Selasa (6/5) siang, menyebutkan Kaliorang merupakan produsen pisang kepok terbesar di Indonesia  dengan luasan lahan lebih dari 20 ribu Ha. Bahkan pisang kepok Kutim sudah mulai merambah pangsa pasar modern seperti Carefure namun sempat terhambat karena hasil greding yang tidak memenuhi standar Carefure.
 Kedepannya, ujar Syarifuddin Ginting, Pemkab  Kutim  mengusahakan pisang kepok asal  Kutim mendapat pengakuan nasional dengan mematenkan produk hotikultura menjadi Pisang Bulan Kutim.
Berdasarkan  Surat Keputusan (SK) Menteri Pertanian Nomor 464 Tahun 2007 diakui jeruk Kutim sebagai produk holtikultur lokal yang sudah mendapatkan hak paten sebagai Borneo Prima. “Jeruk BP sudah  mulai dikembangkan dibeberapa daerah yakni Berau, Bulungan dan Pasir. Namun karena baru dikembangkan secara profesional  diperkirakan dua tahun kedepan BP prima bisa menguasai pasar Kutim dan Kaltim,” ungkap Syarifuddin seraya menyebutkan areal kebun jeruk BP kini mencapai 365 Ha dengan  produksi  1.123 ton pertahun.
Bersama pejabat Dinas Pertanian dan Peternakan lainnua, ia  menambahkan yang tak kalah pentingnya bagaimana pengembangan produk unggulan ini dapat mendatangkan keuntungan dan kemakmuran bagi petani. Sebagai penanggungjawab bidang pertanian, ia menaruh harapan produk unggulan Kutim tidak  menguasai pasar Kutim namun juga dapat bersaing secara  nasional seperti pisang Lampung serta Jeruk Pontianak.(SK-03)
Artikulli paraprakPPL Punya Peran Penting
Artikulli tjetërIsra’ Mi’raj Pesan Allah SWT Kepada Manusia