Beranda kutim adv pemkab Profil Pelajar Pancasila Diharapkan Menjadi Cermin Siswa-Siswi Kutai Timur

Profil Pelajar Pancasila Diharapkan Menjadi Cermin Siswa-Siswi Kutai Timur

21
0
Plt. Disdik Kutai Timur, Irma Yuwinda saat memberi sambutan dalam Pesta Karya SMP N 1 Sangatta Utara Sumber : Dok. Kominfo

SuaraKutim.com, Sangatta — Dikutip dari Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) disebutkan profil pelajar Pancasila adalah pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Hal tersebut bagi Pelaksanaan tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur (Kutim), Irma Yuwinda sudah tercemin di seluruh pelajar Kutai Timur. Baru-baru ini ia menyebutkan bahwa ciri perwujudan Profil Pelajar Pancasila tercermin pada saat pagelaran pesta karya di SMP Negeri 1 Sangatta Utara.

“Profil Pelajar Pancasila itu adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar yang memiliki kompetensi global yang tentunya tetap mencirikan ataupun menerapkan nilai ciri-ciri Pancasila,” ujarnya, Jumat (4/11/2022).

Semarak, suasana pelaksanaan Pesta Karya ke 8, SMP Negeri 1 Sangatta Utara Sumber : Dokumentasi Kominfo.

Lanjut Irma, bahwa Pesta Karya SMP Negeri 1 Sangatta Utara telah memuat profil pelajar Pancasila, yang mencakup mengenai kemampuan pelajar untuk memiliki paradigma berpikir yang terbuka terhadap perbedaan dan kemajemukan. Pelajar Pancasila harus memiliki kepedulian pada lingkungannya dan menjadikan kemajemukan yang ada sebagai kekuatan untuk hidup bergotong royong.

“Tentu ini tidak lepas dari didikan guru dan orang tua. Saya sangat bangga apalagi ini sudah menjadi agenda tahunan sekolah SMPN 1, Semoga sekolah lainnya bisa mencontoh event seperti ini,” pungkasnya.

Melansir apa yang disampaikan Kemendikbud-Ristek bahwa Ada enam elemen atau dimensi profil pelajar Pancasila yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya, pertama Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif.(Adv/Red/SK-05)

Artikulli paraprakDKP Kutim Optimalkan Sektor Perikanan Budidaya, Imbas Pembatasan Kewenangan Laut
Artikulli tjetërSiapkan Konversi BBM ke BBG bagi Nelayan, DKP Kutim Sebut Banyak Keuntungan