Beranda hukum Program Sapa Warga KaKaKu Datang, Diapresiasi Dukcapil Kutim

Program Sapa Warga KaKaKu Datang, Diapresiasi Dukcapil Kutim

569
0
Camat Sangatta Selatan Hasdiah ketika menerima penghargaan dari Bupati Ismunandar di Peringatan HUT Kutim ke 19 tahun 2018 lalu.

SANGATTA (1/11-2018)

Kadis Dukcapil Kutim Januar Harlian PK

Sangatta Selatan satu-satunya kecamatan di Kutai Timur (Kutim) yang menerima penghargaan Dinas Kependudukan dan Capil dengan predikat Kecamatan Sadar Administrasi Kependudukan. Penghargaan berupa piagam itu diterima Camat Hasdiah pada peringatan HUT Kutim ke 19.
“Penghargaan kepada Kecamatan Sangatta Selatan karena berhasil dalam penataan administrasi kepedudukan melalui program Sapa Warga dengan aksi “KaKaKu Datang”, sebuah inovasi yang tidak ada di daerah lain. Dengan Program KaKaKu Datang itu, jajaran Kecamatan Sangatta Selatan aktif mendatangi warga untuk melakukan pendataan,” kata Kadis Dukcapil Januar, Kamis (1/11).
Januar berharap inovasi yang dilakukan Kecamatan Sangatta Selatan, menjadi barometrer bagi kecamatan lain. Bahkan ia mengaku telah menerangkan Program KaKaKu Datang telah dishare melalui grup WA Dukcapil se Indonesia.
Terpisah Camat Hasdiah program Sapa Warga dengan kegiatan “KK-Ku datang” diharapkan semua masyarakat Sangatta Selatan di data ulang kartu keluarganya. “Warga di datangi satu persatu atau rumah ke rumah,” terangnya.
Melalui Sapa Warga, ia berharap ada beberapa data yang dapat dikumpulkan yakni infrastruktur dasar, masalah sosial, kesehatan dan kependudukan. Dengan data kependudukan dan pembangunan yang valid, memudahkan Kades dan aparat kecamatan dalam memberikan pelayanan public.
“Banyak masyarakat menyebutkan beberapa program pemerintah tidak tepat sasaran, oleh karena itu inisiatif pendataan ulang dilaksankana. Harapan kedepannya, data yang sudah dilaporkan dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat kembali,” ungkap Hasdiah.(SK11)

Artikulli paraprakPorprov Kaltim Tinggal Sebulan, Sejumlah Venue Belum Rampung Dikerjakan
Artikulli tjetërBawa Senjata Api dan Amunisi, FW Ancam Anggota Lantas Dengan Sangkur