Beranda kutim Promosi Hutan Wehea dan Lom Plai Diusahakan Menggunakan DAK Kehutanan

Promosi Hutan Wehea dan Lom Plai Diusahakan Menggunakan DAK Kehutanan

514
0

SANGATTA (7/5-2018)
Pembiayaan untuk Hutan Adat Wehea serta pelestarian upacara adat Lom Plai di Muara Wahau, akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kehutanan. Kenapa menggunakan DAK Kehutanan, kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setkab Kutim, Rupiansyah karena keduanya kegiatan terkait dengan pelestarian hutan.
“Bisa saja menggunakan DAK Kehutanan dan itu sah-sah saja artinya perlu dikomunikasikan lebih lanjut pasalnya harus jelas dulu kordinasi antara dua instansi terkait yaitu kehutanan dan lingkungan hidup,” kata mantan Kepala Bappeda Kutim ini.
Menurutnya, DAK bisa digunakan dengan memanfaatkan sisa jika Pemprov Kaltim tidak mengagarkan karena sudah sudah ada di Kehutanan dan LH. Ia bahkan, menjajikan aka mengkoordinasikan penggunaan DAK Kehutanan untuk pengembangan Hutan Wehea sekaligus Upacara Adat Lom Plai bersama Kementrian Kehutanan dan LH.
Sebelumnya, Bupati Ismunandar menyatakan memberikan apresiasi dalam pelestarian budaya Lom Plai dan pengembangan Hutan Adat Wehea termasuk dalam penyediaan dana. Ia berharap, Lom Plai yang dilestarikan Dayak Wehea bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan terutama asing yang menyukai alam dan orisinal budaya. “Nanti kita promosi Hutan Adat Wehea hingga terdengar hingga ke mancanegara lewat DAK Kehutanan,” janji Ismu kala menghadiri Lom Plai belum lama ini.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakKutim Minta Kemenkeu Beri Kelonggaran Dalam Pengembalian Utang
Artikulli tjetërHearing Komisi D : Baznas Kutim Tahun 2017 Kelola Dana Zakat Rp5,1 M