Beranda ekonomi PU Bangun IPA Berkapasitas 100 Liter Perdetik

PU Bangun IPA Berkapasitas 100 Liter Perdetik

924
0
Aswandini – Kadis PU Kutim
SANGATTA, Suara Kutim.com
            Meningkatnya kebutuhan akan air bersih, Pemkab berencana membangun satu unit  Instalasi Pengolahan Air (IPA)  berkapasitas 100 liter perdetik guna  memperkuat jaringan distribusi PDAM Tirat Tuah Benua kepada para pelanggannya.
IPA baru ini  dibangun disekitar wilayah Soekarano-Hatta berdekatan dengan kawasan Gedung Olahraga (GOR) Sangatta. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutai Timur, Aswandini Eka Tirta, menerangkan, IPA baru  yang akan dikelola PDAM  nantinya memanfaatkan sumber air bersih yang dipasok  PT Kaltim Prima Coal (KPC). “Secara kebetulan di daerah sekitar tambang milik perusahaan batu bara ini terdapat kolam air yang punya kapasitas lumayan  besar sehingga sebagian besarnya bisa dimanfaatkan oleh PDAM sebagai bahan baku air bersihnya,” ujar Aswan.
Meski dari lokasi KPC, namun Aswan menegaskan sumber air  yang digunakan bukan  dari bekas kolam tambang hanya kebetulan  lokasinya  berada di areal hutan yang masuk dalam kawasan tambang milik KPC bahkan perusahaan itu juga menggunakan sebagian airnya untuk kebutuhan internal. “Airnya merupakan   bukan kolam tambang  melainkan  masih hutan cuma dan berada di atas sehingga tidak bisa masuk bebas  karena jalurnya jalur tambang tapi airnya sendiri buka air galian tambang ,” beber Aswan.

Kepada wartawan, disebutkan pemkab hanya berkewajiban membangun IPA serta tower yang berfungsi membagikan air kepada pelanggan, sementara   distribusi dari sumber air ke tempat pengolahan termasuk  pipa merupakan dukungan  PT KPC.  “Saluran air bersih dari KPC nanti KPC bantu alirkan ke bawah jadi kita terima seratus  liter perdetik paling tidak itu bisa untuk seribu  KK,” terangnya seraya meyebutkan rencana pembanguan dilakukan tahun depan.(SK-05)
Artikulli paraprakPerpindahan BPTSPPMD Dikaji
Artikulli tjetërKajari : Penyelidikan Sudah Lama Dilakukan