Beranda kutim PU Kutim Tingkatkan Kapasitas PDAM di BP

PU Kutim Tingkatkan Kapasitas PDAM di BP

1208
0

SANGATTA (2/7-2018)
Memaksimalkan suplai air bersih di kawasan Bukit Pelangi hingga Jalan AW Syahrani Sangatta Utara,

Aswandini Eka Tirta – Kadis PU Kutim
Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim, akan membangun reservoir dengan kapasitas 1000 liter kubik di bukit televisi Kutim.
Kepala Dinas PU Kutim, Aswandini Eka Tirta menyebutkan saat ini kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kampung Tator dan Jalan Dayung sudah mendapat suplai air bersih PDAM dari IPA Kabo sebesar 50 liter perdetik, yang dialirkan melalui WTP (Water Treatment Plant) Kudungga.
Namun jika dimaksimalkan hingga 100 liter perdetik, kapasitas suplai air bersih ini akan over jika hanya untuk masyarakat yang bermukim di kawasan tersebut. Untuk itu, Dinas PU Kutim akan segera membuat reservoir dengan kapasitas daya tampung mencapai 1000 liter kubik di puncak bukit TV Kutim yang memang merupakan dataran tertinggi di kawasan Bukit Pelangi. “Nantinya, dengan menggunakan boster, suplai air bersih dari IPA Kabo yang saat ini ditampung pada WTP Kudungga akan ditembakkan ke reservoir Bukit Pelangi. Menggunakan daya gravitasi, 1000 liter kubik air akan dialirkan untuk kawasan Soekarno-Hatta, perkantoran Pemkab Kutim di Bukit Pelangi serta sebagian kawasan pemukiman di Jalan AW Syahrani,” berbernya.
Saat ini, kata Aswan, proses pembangunan reservoir Bukit Pelangi sudah mulai berjalan. Seperti pemasangan pipa induk dengan kapasitas 100 liter perdetik yang disambungkan dari WTP Kudungga hingga ke bukit TVRI di Bukit Pelangi.
Dengan adanya reservoir Bukit Pelangi, kedepan pola suplai air bersih PDAM akan berubah. Selain di beckup IPA Kabo, reservoir Bukit Pelangi yang berasal dari WTP Kudungga rencananya juga akan disokong suplai air bersih dari penampungan air bersih pada danau bekas tambang milik PT KPC di Pit Jupiter.
“Sehingga suplai air bersih PDAM di kawasan Kampung Tator, Jalan Dayung, Jalan Soekarno-Hatta, Bukit Pelangi dan sebagian Pendidikan akan di suplai dari reservoir Bukit Pelangi. Sementara untuk wilayah kota Sangatta dan sebagian pemukiman di Jalan Pendidikan, akan langsung dilayani melalui IPA Kabo,” bebernya seraya menambahkan nanti operatornya PDAM Tirta Tuah Benua.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakMahyudin dan Rusmiyati Sama-Sama Lolos Balon DPD-RI
Artikulli tjetërBawa Sabu, Pemuda Karangan Ditangkap Polisi di Sangatta