Beranda ekonomi Pusat Berutang Dengan Kutim Rp1 T

Pusat Berutang Dengan Kutim Rp1 T

1052
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
Pemerintah Pusat ternyata belum memenuhi kewajibanya kepada  Pemkab Kutim tahun 2012, secara keseluruhan.  Catatan Bupati Kutim Isran Noor,  ada  Rp1 triliun dana alokasi umum (DAU) yang belum direalisasikan.  “Kutim  masih punya piutang sekitar satu  triliun rupiah   ke  pemerintah pusat, dana  itu  pasti ditagih sebagai biaya  pembangunan,” kata Isran Noor, dalam rapat paripurna di DPRD Kutim, beberapa hari lalu.
Kepada wartawan Isran menyebutkan, DAU yang kurang itu merupakan kekurangan  transfer  ke daerah yang dilakukan pemerintah pusat pada tahun  anggaran 2012-2013. “Kalau DAU itu  diserahkan,  bisa digunakan untuk  pembangunan infrastruktur karena belum pasti kapan direalisasikan  transfernya ke Kutim sehingga belum dimasukan dalam  RAPBD Kutim tahun 2015,” jelasnya.
Terkait akibat kekurangan transfer dana, Isran tak menampik salah satunya adalah dengan pemotongan anggaran di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang mencapai 50 persen.  Selain itu, dilakukan penyesuaian  dengan melakukan efisiensi belanja, namun tidak mengganggu program prioritas pembangunan yang telah dicanangkan.
Terpisah, Ketua DPRD Mahyunadi mengaku  tidak tahu persis, namun sepengetahuannya yang kurang transfer   sekitar Rp650 miliar.  “Memang pemerintah pusat mengirim  tidak sekaligus, jika sampai satu triliun itu saya tidak tahu hitungannya,” katanya.
Kalaupun DAU dikirim ke Pemkab Kutim dalam tahun depan,  maksimal   masuk APBD-P 2015 bahkan bisa masuk dalam APBD 2016. Namun, bagaimana pemkab aktif melakukan koordinasi dengan kementrian keuangan agar bisa didapat kepastian kapan  bisa ditransfer. “Sebagai daerah yang baru tentu memerlukan dana besar, terutama untuk pembangunan infrastruktur,” kata Mahyunadi.(SK-03)  

     
Artikulli paraprakPemkab Berencana Tarik Modal di Bank Kaltim
Artikulli tjetërSenin Depan Seleksi CPNS Dimulai