Beranda hukum PWI Kutim Punya Tenaga Ahli Pers, Siap Dampingi Anggota dan Aparat Hukum

PWI Kutim Punya Tenaga Ahli Pers, Siap Dampingi Anggota dan Aparat Hukum

775
0
Peserta pelatihan melakukan simulasi persidangan terkait pers.

SANGATTA (6/7-2018)

Peserta ahli pers nasiona;l tahun 2018 asal Kaltim
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutai Timur (Kutim) beruntung, meski belum berusia setahun sudah mempunyai tenaga ahli pers. Ini tiada lain dengan keberhasilan Syafranuddin – Sekretaris PWI Kutim dalam pelatihan ahli pers angkata pertama yang digelar PWI di Palangka Raya – Kalteng.
Pelatihan yang diikuti 40 orang, semua peserta salama 3 hari sejak Selasa (3/7) mengikuti pelatihan hingga malam hari. Dipenghujung pelatihan, kata Syafranuddin yang sehari-harinya Pimpred Suara Kutim.com, selain menjalami evaluasi juga melakukan praktik dalam pendampingan serta menjadi ahli dalam persidangan yang terkait dengan pers. “Tidak semua pemberitaan bisa dikatakan karya jurnalistik, karena karya jurnalistik harus diterbitkan media yang sudah berbadan hukum seperti diamanatkan pasal 1 UU Pers,” terangnya.
Disebutkan ahli pers dibutuhkan saat ada anggota pers Indonesia terutama anggota PWI mengalami masalah hukum yang terkait dengan tugasnya sebagai jurnalistik yang sah berdasasr UU. Selain itu, menjadi ahli pihak hukum seperti Kepolisian atau Kejaksaan serta Pengadilan Negeri (PN) saat memproses, mengadili kasus atau pekara yang bersinggungan dengan pemberitaan. “Intinya jika ada perusahaan pers tidak memenuhi pasal 1 UU Pers, maka pemberitaan yang bermasalah oleh aparat huum bisa dijerat dengan UU lain seperti UU ITE seperti sejumlah tabloid di Jakarta yang diperiksa kepolisian,” ungkapnya.
Selama menjajal pelatihan dan ujian menjadi tenaga ahli pers, peserta mendapatkan pembelajaran dari Adi Prasetyo – Ketua Dewan Pers). Kombes Pol W Marbun – Mabes Polri, Ilham Bintang dan Wina Armada Sukardi masing-masing Ketua dan Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, kemudian Ketua PWI Pusat, Margiono dan Sekjennya, Hendry Chairudin Bangun.
Di pelatihan yang kali pertama digelar ini, Kaltim mengirimkan 5 orang yakni Manunato – Sekretaris DKP PWI Kaltim, Sabir Ibrahim – Ketua Bidang Organisasi, Maman Saputra – Penasehat, Haerul Askbar – Penasehat dan M Syafranuddin – Sekretaris PWI Kutim yang juga Pimpred Suara Kutim.com dan wartawan SKH Swara Kaltim.(SK11)

Artikulli paraprakKamsul Hasan – Ketua KKW PWI : Ahli Pers Wajib Dampingi Wartawan Berbadan Hukum
Artikulli tjetërAksi Bersih di Masjid Al Amanah