Beranda ekonomi Saenab dan Artita Jamaah Haji Tertua dan Termuda di Kutim

Saenab dan Artita Jamaah Haji Tertua dan Termuda di Kutim

799
0
Ka'bah tujuan utama jamaah haji dan umrah

SANGATTA (19/7-2019)

                Saenab Lagantilapajala binti Laganti – menjadi jamaah haji tertua di Kutim bahkan Kloter 5 Balikpapan yang akan meninggalkan Kutim, Ahad (21/7) nanti. Sementara, Artita Asis Rolla binti Asis tercatat sebagai jamaah haji termuda.

               Kasi Penyelenggaran Haji dan Umran (PHU) Kantor Kementrian Agama Kutim, Sofyansyah bersama Irpan – petugas Operator Siskohat Kutim, Jumat (19/7) menerangkan, Saenab yang tercatat warga Jalan Mulawarman Bengalon, saat ini berusia 95 tahun sementara Artita warga Jalan Lasinrang Sangatta Utara tercatat  berusia 22 tahun, namun Muhammad Masyudin Nur dari Samarinda, jamaah haji termuda di Kloter 5 Balikpapan.

Suasana wukuf di Arafah, bagi jamaah haji yang tidak melakukan wukuf di Arafah tidak sah ibadah hajinya karenanya bagi jamaah yang sakit akan dibawa lewat program safari wukuf meski hanya beberapa menit di Arafah. Untuk melaksanakan rangkaian Wukuf ini dibutuhkan stamina prima, serta mental yang kuat.

                Jamaah Haji Kloter 5 Balikpapan asal Kutim, akan diberangkatkan dari Masjid Agung Al-Faruq Sangatta, Ahad (21/7)  ba’da Isya. “Kami berharap kerjasama jamaah haji, karena ketepatan waktu merupakan kunci kelancaran pemberangkatan nanti karenanya sebelum shalat Isya diharapkan semua sudah datang semua, kecuali yang akan dijemput di Samarinda,” pesan Sofyansyah.

                Kepada Suara Kutim.com dijelaskan, jamaah dari Sangatta, menggunakan bus ke Balikpapan. Sedangkan, koper menggunakan truk yang nantinya dikawal khusus agar barang jamaah benar-benar aman hingga masuk cargo Garuda Indonesia di Balikpapan.   

                Jamaah Haji Kloter 5 Balikpapan, dijadwalkan terbang ke Jeddah pada Selasa  (24/7) pukul 14.30 Wita dengan pesawat Garuda Indonesia  nomor penerbangan GA 4103, dan dijadwalkan tiba di Jeddah, pukul 21.30 WAS atau 03.30 Wita (Rabu,red) dan kemungkinan  tiba di Makkah menjelang subuh.

                Kloter 5 Balikpapan terdiri Jamaah Haji dari Samarinda sebanyak 21 orang, Kutim (180) dan Paser 249 orang ditambah 5 orang petugas yang terdiri  Abdul Gafur Yusuf  sebagai TPHI,  Nanang Gazali Ibrahim Baen (TPIHI), dr Hardiansyah Baharuddin,  Suparno dan Rahdatu Fakhanur Rozi sebagai tenaga kesehatan.(SK11)

Artikulli paraprakLakukan Pemboran, Pertamina Berbagi Dengan Panti Asuhan
Artikulli tjetërKasmidi Ajak Masyarakat Ikut Berantas Penyalahgunaan Narkoba