Beranda kutim Sapu Lantai Masjidil Haram Terbuat Dari Ijuk, Buatan Jerman

Sapu Lantai Masjidil Haram Terbuat Dari Ijuk, Buatan Jerman

1752
0
Petugas keberishan Masjidil Haram saat bertugas membersihkan sampah.

ALAT Pembersih di Masjidil Haram terutama sapu lantai, ternyata diproduki Jerman. Alat yang digunakan petugas kebersihan itu, tak lebih sapu yang ada di Indonesia yakni terbuat dari kayu dan ijuk.
Melihat sapu yang digunakan petugas kebersihan, timbul pertanyaan kenapa alat yang di Indonesia ini dibuat dalam ukuran home industri tidak bisa menembus pasar Arab Saudi atau Makkah, sementara bahan bakunya melimpah.
Seorang petugas kebersihan Masjidil Haram asal Madura, menyebutkan mereka selama bekerja sebagai pembersih mendapat alat kerja dari perusahaan. Wanita yang mengaku bernama Halimah (37) dan sudah 10 tahun tinggal di Makkah, mengakui sapu yang ia gunakan tidak lebih sapu yang ada di Indonesia. “Memang ketahanannya diakui, sementara yang ada di Indonesia cepat rontok,” aku Halimah yang sudah 3 tahun bekerja di Masjidil Haram.
Selain sapu lantai, pengelola kebersihan rumah suci ummat Islam ini juga menyediakan alat kebersihan lainnya seperti pel yang terbuat dari karet dan kayu, yang bila dilihat banyak dijual di Indonesia. (SK12)

Artikulli paraprakIsmu : Mugeni Sudah Sampaikan Permohonan Mengundurkan Diri, SK Dalam Proses
Artikulli tjetërTK2D Kembali Didata, Agar Lancar Pembayaran Gajinya