Beranda kutim Sekerat Masuk Daftar Untuk Uji Roket R-HAN 122

Sekerat Masuk Daftar Untuk Uji Roket R-HAN 122

1190
0
Uji coba Roket R-HAN 122 (Foto Ist)

SANGATTA (24/10-2018)
Kawasan Sekerat yang pernah menjadi areal Latihan Gabungan (Latgab) TNI, menjadi salah satu areal yang ditinjau tim Kementrian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia (RI) terkait uji coba peluncuran roket R-HAN 122 karya Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Balitbang Kemhan)

Kabidsarpras Kemenhan Fujiantoro menyerahkan plakat kepada Kasdim 0909 Sangatta Mayor Inf Jon Young Saragi,
Rencana pelucuran roket kerjasama Kemenhan dengan LAPAN ini, diungkapkan Kabidsarpras Kemenhan Fujiantoro ketika bertandang ke Makodim 0909 Sangatta, Rabu (24/10). Dalam pertemuan yang dihadiri Kasdim 0909 Sangatta Mayor Inf Jon Young Saragi, Pelaksa Lanal Sangatta serta pejabat Pemkab Kutim, disebutkan tujuan peluncuran roket yang merupakan pengembangan teknologi alat utama sistem pertahanan (Alutsista) TNI.
Bersama Kolonel Inf Budi Kusworo-Peneliti Mady Puslidbang, Letkol Arm Arun M Nasution – Kasubbid Sarrasmil, disebutkan terdapat sejumlah lokasi yang ditinjau untuk mendapatkan data secara komprehensif. “Di Kutim ada beberapa lokasi ditinjau diantaranya Pantai Sekerat yang pernah dijadikan Latgab TNI,” terangn Fujiantoro.
Diungkapkan, roket yang bakal diujicobakan merupakan roket yakni R HAN 122 yang mampu menjangakau sasaran sejauh 100 Km. Karena roket yang bisa menjangkau 100 Km, diperlukan penelitian lengkap sehingga apa yang diinginkan bisa dilakukan tanpa menimbulkan efek negatif. “Tidak serta merta lokasi yang didatangi cocok untuk reperensi daerah peluncuran roket, karenanya memerlukan dukungan data Kodim Sangatta dan Pemkab Kutim,” beber Fujiantoro yang saat memberi keterangan pers didampingi Kasdim Mayor Inf Jon Young Saragi.
Ia mengakui uji coba roket banyak hal yang ingin dicapai terutama melatih SDM prajurit TNI dalam mengoperasikan, namun harus meminimalkan dampaknya. “Semua menjadi pertimbangan terlebih posisi Kutim yang berada di tep Selat Makasar yang tiada lain salah satu jalur internasional,” sebut Fujiantoro seraya menambahkan belum mengetahui kapan uji coba roket dilakukan.(SK12)

Artikulli paraprakBahrani : Penyediaan Alkes Diupayakan Sesuai Kemampuan Keuangan
Artikulli tjetërLibatkan Unmul Samarinda, Pemkab Kutim Bakal Dirikan 3 Perusda Untuk Kelola SDA