Beranda kutim Selain Baqi, Sekitar Masjid Nabawi Ada Masjid Bersejarah Yang Patut Dikunjungi

Selain Baqi, Sekitar Masjid Nabawi Ada Masjid Bersejarah Yang Patut Dikunjungi

2363
0
Masjid Ghamamah yang ada sekitar Masjid Nabawi Madinah.

JAMAAH Masjid Nabawi Madinah terutama jamaah haji, untuk mengisi waktu selain kegiatan di masjid, bisa bertandang ke sejumlah tempat bersejarah yang ada sekitar Masjid Nabawi. Tempat yang punya arti penting dalam sejarah Islam di Madinah antara lain Masjid Ghamama dan Masjid Sab’ah.

Jamaah Haji Kloter 4 Balikpapan sedang ziarah sekitar Masjid Nabawi Madinah.
Lokas kedua masjid ini benar-benar ada dalam wilayah Masjid Nabawi meski di luar pagar, namun karena sejarahnya kini sekitar masjid dibuat taman sehingga pengunjung bisa menikmati suasana malam Madinah.
Berdasarkan literatur yang ada,Masjid Ghamama dikenal dengan Masjid Mendung karena di masjid inilah Nabi Muhammad SAW pernah melaksanakan shalat istisqa yakni shalat meminta hujan dan tak berapa lama kemudian awan di atasnya mendung selain itu sebagai tempat shalat Ied dan shalat ghaib atas wafatnya Raja Nahjasyi.
Kemudian sekitar 25 meter, terdapat Masjid Abu Bakar El Seddiq, kemudian ada Masjid Ali bin Taleb. Ketiga masjid sahabat ini dikenal dengan nama Masjid Tujuh atau Masjid Sab’ah. Selain itu ada Masjid Salman Al Farisi, Masjid Ustman, Masjid Saad bin Muadz dan Masjid Fatah. “Masjid Sab’ah atau Masjid Tujuh dibangun untuk memperingati peristiwa bersejarah yakni perang Khandaq yang dimenangkan pasukan muslimin berkat ide membuat parit dari Sahabat Salman Al Farisi,” terang seorang penjaga toko di sekitar Masjid Abu Bakar El Seddiq.
Lokasi yang kini menjadi masjid meski ada yang tidak difungsikan, dijelaskan dahulunya sebagai pos penjagaan sahabat Rasulullah yang sekaligus tempat shalat saat perang.
Berkunjung ke masjid para sahabat ini, akan melihat langsung ke kokohan bangunannya sehingga cocok disebut sebagai benteng atau penjagaan. Memang jika bertandang ke Masjid Tujuh ini, tidak ada pemandu khusus bahkan beberapa masjid tampak terkunci rapat kecuali Masjid Ghamama yang berada dekat pintu 6 Masjid Nabawi.(SK12)

Artikulli paraprakKPC Serahkan Pembinaan SD 13 Bengalon ke Disdik Kutim
Artikulli tjetërUsai Berkemas, Jamaah Haji Kloter 4 Balikpapan Kembali Fokus Ibadah di Masjid Nabawi