Beranda kutim Setelah DCS Terbit, Masyarakat Punya Hak Menanggapi Caleg

Setelah DCS Terbit, Masyarakat Punya Hak Menanggapi Caleg

952
0

SANGATTA (22/7-2018)
Masyarakat sebagai pemilih anggota DPRD Kabupaten dan Provinsi serta DPR-RI mempunyai waktu untuk memberikan tanggapan terhadap Calon Legeslatif (Caleg). Semua tanggapan masyarakat, kata Ulfa Jamilatul Farida – Komisioner KPU Kutim, disalurkan setelah KPU mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) pada tanggal 12 – 14 Agustus 2018.
Kepada Suara Kutim.com di Sekretariat KPU Kutim, Sabtu (21/7) dijelaskan, waktu masukan atau tanggapan masyarakat disediakan sejak tanggal 12 hingga 21 Agustus 2018. “Tanggapan masyarakat akan dijamin UU, namun tidak boleh fitnah semua harus berdasarkan bukti seperti masalah pendidikan Caleg, atau pernah terlibat dalam kasus yang dilarang seperti korupsi dan Narkoba namun tetap terdaftar sebagai caleg,” terangnya.
Diakui, semua tanggapan masyarakat, oleh KPU akan diklarifikasi dengan Parpol yang waktunya tanggal 22 – 28 Agustus 2018. Dalam masa tanggapan Parpol ini, ujar Ulfa, bisa saja terjadi pergantian caleg, karena yang berhak mengganti adalah Parpol sementara terhadap Caleg yang sudah dilarang mendaftar oleh UU dan PKPU namu masih ada otomatis akan didiskualifikasi.
Terkait penetapan Daftar Calon Tetap, dijelaskan dijadwalkan Tanggal 21 September 2018 melalui berbagai sarana termasuk web site KPU. “DCT itu diterbitkan setelah melalui beberapa tahapan, nantinya semua data Caleg akan menggunakan data pada Sistem Informasi Pencalonan (SILON) karenanya pengisian data wajib hati-hati,” pesannya.
KPU Kutim setelah menerima berkas Bacaleg, langsung melakukan verifikasi terhadap 512 Bacaleg yang diusulkan 15 Parpol, hasilnya diserahkan ke LO Parpol, Sabtu (21/7) kemarin dengan harapan segera dilakukan perbaikan sebelum tanggal 31 Juli 2018 nanti.(SK13)

Artikulli paraprakKPU Serahkan Hasil Verifikasi Berkas Bacaleg, Batas Perbaikan Akhir Bulan Juli
Artikulli tjetërFPKKT Terima Penghargaan Direktorat PCBM