Beranda kutim Siang Geah Diundang Ke COP di Polandia

Siang Geah Diundang Ke COP di Polandia

915
0

SANGATTA (1/11-2018)
Siang Geah – anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) diundang ke Conference of the Parties (COP) 24 Kotawice di Polandia.

Siang Geah
Dalam acara yang dihadiri pencinta lingkungan se dunia ini, Siang Geah akan memperkenalkan Hutan Wehea Muara Wahau.
Siang Geah menerangkan ia diundang ke acara internasional itu bersama Gubernur Kaltim Isran Noor. “Berdasarkan undangan yang kami terima, ada 197 pihak dan puluhan negara yang akan hadir terutama negara yang tergabung dalam konvensi kerangka kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tetang perubahan Iklim,” terangnya.
Politikus PDI Perjuangan yang piawai menarikan sejumlah tari Dayak Wehea termasuk Hudoq ini, mengungkapkan dalam presentasi dihadapan masyarakat internasional itu, ia diminta memaparkan teknik pengelolaan Hutan Wehea secara adat, termasuk pelestarian adat dan kebudayaan Dayak Wehea. “Undangan ke Polandia ini merupakan undangan kedua kalinya, sebelumnya di Paris Prancis,” terang Siang Geah seraya menyebutkan COP digelar 4 tahun sekali.
Terkait status Hutan Wehea saat ini dijelaskannya termasuk Hutan Lindung yang harus dipresentasikan ke dunia internasional. Dunia internasional, ungkap Siang Geah, memberi apresiasi terhadap sistem pengelolaan Hutan Wehea meski hanya secara adat. “Mereka mengaku, Hutan Wehea merupakan salah satu paru-paru dunia yang harus dijaga dan tampak kuat saat dijaga dengan hukum adat,” bebernya seraya menambahkan luas Huta Wehea mencapai 380 ribu hektar dan hanya dijaga 15 orang.(ADV-DPRD KUTIM)

Artikulli paraprakLahan Digarap, Bambang Gugat PT Fairco dan Indexim Coalindo Sebesar Rp200 Juta
Artikulli tjetërSore Tadi, Pesawat Lion Air Mendarat Mulus di Bandara APT Pranoto Samarinda