Beranda hukum Sudah 7 Orang Tahanan Dikembalikan ke Hotel Predeo di Mapolres Kutim

Sudah 7 Orang Tahanan Dikembalikan ke Hotel Predeo di Mapolres Kutim

0

Loading

SANGATTA,Suara Kutim.com (4/11)
Perburuan terhadap tahanan yang kabur dari ruang tahanan Polres Kutim di Bukit Pelangi (BP) Sangatta terus menampakan perkembangan signifikan. Tahanan yang berhasil ditangkap kembali beberapa jam pelarian dari 2 orang kini bertambah 5 sehingga sudah 7 orang “kembali”ke hotelnya di Mapolres Kutim.
Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Fajar Setiawan menerangkan jajaran Polres Kutim dibantu Polda Kaltim sudah mengamankan 7 buronan. “Dua orang sudah berhasil diamankan di Polres Kutim, lima lainnya ditangkap dan masih dalam perjalanan menuju Sangatta,” terangnya.
Jubir Kapolda Kaltim ini menyebutkan selain membantu penyekatan wilayah agar tahanan tidak kabur jauh, Polda Kaltim juga mengirim ntim Satreskrim dan Intelkam selain itu juga dikirim Propam.Propam yang dikirim membantu PropamKutim melakukan pemeriksaan terhadap regu yang berjaga saat kejadian. “Semuanya akan diperiksa, untuk mencari tahu kebenaram tentang kejadian ini. Kita juga meminta bantuan Babinkamtibmas melakukan pencarian di desa-desa karean ada dugaan tahanan yang kabur bersembunyi ke kampung-kampung sebelum keluar Sangatta,” bebernya.
Kapolres Kutim AKBP Anang Triwidiandoko sendiri telah mengeluarkan perintah ke semua jajarannya untuk tiada henti melakukan pencarian terhadap tahanan yang kabur meski mereka tahanan Kejaksaan dan Pengadilan Negeri (PN) Sangatta.
Perintah tegas kapolres langsung dilaksanakan semua satuan yang ada baik Serse, Intel,Sabhara dan Lantas. Sepanjang hari, semua jajaran Satlantas terus memeriksa kendaraan yang keluar baik dinas maupun pribadi terlebih-lebih angkutan umum.
Sementara satuan intel telah menyebarkan foto-foto tahanan yang masih lari,termasuk ciri-cirinya serta kerabat dekat yang kemungkinan menjadi tempat pelarian sementara. “Semua anggota dikerahkan, kecuali yang sudah mendapatkan tugas lain yang tidak kalah pentingnya,” ujar kapolres.
Seperti diwartakan, sebanyak 16 orang tahanan yang diamankan di Mapolres Kutim, Rabu (4/11) diketahui raib dari ruang tahanan dengan cara membobol atap. Aksi pelarian tampaknya sudah dirancang matang bahkan pada saat jam berapaada kelengahan petugas jaga.
Data yang dimiliki petugas, tahanan yang kabur yakni Item ,Santi, Ardi, Taufik, Hendra, Iqbal, Mansyur, Darminto,Sinta,Muhlis terlibat dalam kasu Narkoba, kemudian Silas (Pengeroyokan), Dahamangn(penikaman), Jeri (curanmor), Rahman (Pencurian), Soleh (KDRT), Marsidin ditahan karena kasus penganiayaan.(SK-02/SK-03/SK-13)