Beranda kutim adv pemkab Tahun Depan Disdukcapil Kutim Tambah Mesin Cetak e-KTP, Prioritas Wilayah Pesisir dan...

Tahun Depan Disdukcapil Kutim Tambah Mesin Cetak e-KTP, Prioritas Wilayah Pesisir dan Kecamatan Jauh di Kutim

25
0
Proses perekaman mata oleh Disdukcapil. Sumber gambar ilustratrasi : Tempo Nasional.

SuaraKutim.com, Sangatta — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) terus mengoptimalkan pendataan kependudukan dan pencatatan sipil untuk seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Hal itu dibuktikan dengan adanya rencana penambahan mesin cetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), khususnya di dua Kecamatan yang dianggap cukup strategis, yakni Kecamatan Sangkulirang dan Muara Ancalong.

Kepala Dinas Dukcapil Kutai Timur Jumeah, mengatakan bahwa penambahan tersebut demi mempermudah dan mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan di wilayah terjauh dan wilayah pesisir Kutai Timur.

“Karena secara demografi dua kecamatan tersebut mampu mengcover wilayah kecamatan terdekatnya. Kalau di Long Mesangat otomatis dapat mengcover Kecamatan Muara Ancalong, Kecamatan Busang dan Batu Ampar. Sedangkan untuk Kecamatan Sangkulirang, harapannya untuk mengcover wilayah pantai atau desa-desa berada di pulau-pulau yang ada di pesisir Kutim,” ungkapnya.

Kemudian ia menyampaikan, bahwa penambahan nantinya agar masyarakat tidak kesulitan lagi harus mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) ke kantor pusat yang berada di Ibu Kota Kabupaten, yakni Kota Sangatta.

“Sehingga jika mereka mengurus dokumen (Adminduk, red) itu cukup satu jenis tranportasi saja. Jika di wilayah pesisir dari Sandaran cukup tranportasi laut sandar ke Sangkulirang, langsung menemukan layanan Dukcapil,” jelasnya.

Ditambahkan, jika usulan penambahan mesin cetak KTP elektronik ini sudah masuk dalam prioritas penganggaran rencana kerja Disdukcapil Kutim tahun 2023 mendatang. Dirinya sangat berharap, usulan ini bisa terealisasi.

“Kami harapkan usulan ini bisa menjadi prioritas dan terealisasi. Karena tentunya demi peningkatan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat,” pungkasnya.(Adv/Red/SK-05)

Artikulli paraprakHadirkan Website Baru, Dukcapil Kutim Permudah Masyarakat dengan Layanan Online
Artikulli tjetërPemkab Kutim Dukung Sawit Keberlanjutan, Tingkatkan Kesejahteraan Petani Mandiri