Beranda kutim adv pemkab Tahun ini, 21 Puskesmas se-Kutim Ditargetkan Jadi BLUD

Tahun ini, 21 Puskesmas se-Kutim Ditargetkan Jadi BLUD

190
0

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Timur menargetkan pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), kepada 20 puskesmas di Kutai Timur selesai tahun ini.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinkes Kutim Haryati, pada saat coffe morning bersama Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kutim, Rizali Hadi dan Trisno Plt. Asisten 1 Pemkesra (Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat), bertempat di ruang meranti kantor Bupati Kutim pada kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Senin (13/06/2022).

“Dari 21 Puskesmas ini, kami sudah menetapkan 6 puskesmas menjadi BLUD dan tahun ini kami target 15 puskesmas dapat melakukan operasional secara BLUD,” jelas Haryati.
Sekretaris Dinkes Kutim, Haryati (paling kanan) dalam kegiatan Coffe Morning Pemerintah Kutim, Senin (13/6/2022)

Ia menambahkan bahwa target BLUD ini dipicu oleh instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang mengharuskan pelayanan umum terutama pelayanan kesehatan harus membentuk BLUD.

“Sudah menjadi instruksi Mendagri agar dalam pelayanannya (Puskesmas, red) dapat melakukan fleksibilitas keuangan,” terangnya.

Lanjut Haryati, pihaknya menargetkan penyelesaian BLUD Puskesmas ini bisa dilakukan dalam anggaran perubahan.

“Bulan Juli semoga telah ada penetapan 10 Puskesmas menjadi BLUD dan 5 puskesmas lagi diperubahan,” ujar Haryati.

Lebih lanjut, Haryati juga menyampaikan bahwa pihaknya juga tengah mengerjakan penyusunan 12 item SPM (standar pelayanan minimal) di lingkungan Dinas Kesehatan Kutim, guna menunjang laporan Kabupaten.

“Angka harapan hidup itu menjadi point penting dalam SPM yang akan jadi laporan Kabupaten,” tutupnya.(Adv/Red/Win)
Artikulli paraprakUsai Dilantik, Rizali Segera Maraton Urusi APBD Kutim
Artikulli tjetërDPRD Kutim Usulkan Raperda Perlindungan Perempuan dan Anak, Agusriansyah Sebut Bukti Kepedulian Terhadap Hak Asasi Manusia