Beranda kutim Target Swasembada Beras Terkendala Lahan

Target Swasembada Beras Terkendala Lahan

588
0
MENGERING : Salah satu sawah di Kaliorang yang mengalami kekeringan akibat kemarau.

SANGATTA (12/5-2019)

Dinas Pertanian (Distan) Kutim  berupaya mencapai target  swasembada beras yang dicanangkan  2016 lalu. Kepala Distan Kutim, Sugiono menyebutkan dengan kondisi luasan  sawah Kutim yang hanya  7 ribu  hektar,  target  sulit tercapai. “Untuk mencapai target swasembada beras di Kutim, kami  kembali mengusulkan pembukaan atau cetak sawah seluas tiga ribu  hektar pada tahun  2019,” terangnya.

Sugiono – Kadis Pertanian Kutim

Diakui, jika sawah di Kutim mencapai  10 ribu  hektar dan dalam setahun berhasil panen dua kali dengan hasil  7 ton padi,  diperhitungkan ada 140 ribu  ton padi dalam setahun sementara kebutuhan beras dengan asumsi penduduk Kutim sebanyak 600 ribu jiwa  dengan  kebutuhan beras hanya  125 ribu ton.

Kepada Suara Kutim.com, dijelaskan,  saat ini produksi  ladang basah dan ladang kering di rata-rata 4 ton hingga 5 ton beras perhektar dan diharapkan bisa  dipanen  dua kali dalam setahun.

 Diakuinya, jika  ingin  swasembada beras harus bisa mencetak 10 ribu  hektar sawah serta  bisa meningkatkan produksi hingga  7 ton beras perhektar. “Kami berharap target cetak sawah dan peningkatan produksi padi ini bisa dicapai   perlu dukungan kesiapan anggaran yang memadai,” ungkapnya seraya menyebut sederet kecamatan yang punya potensi sawah.(SK11)

Artikulli paraprakKelangkaan Gas Melon Akibat Aksi Borong Pedagang Luar Sangatta
Artikulli tjetërRusdianto Sesung : THR dan Gaji Ke 13 Pakai Perda, PNS Daerah Bakalan Nggak Terima Sebelum Lebaran