Beranda politik DPRD Kutim TPA Bengalon Bakal Jadi Pilot Projek TPA Sampah di Kutim

TPA Bengalon Bakal Jadi Pilot Projek TPA Sampah di Kutim

87
0

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA—Proyek pembuatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Kecamatan Bengalon ditargetkan akan selesai selama tiga bulan ke depan. Proyek yang berlokasi di Desa Sepaso Timur dengan seluasan area lebih kurang 7 hektare ini, digadang-gadang bakal menjadi pilot projek atau percontohan TPA sampah di Kutai Timur.

Wakil Ketua DPRD Kutim – Arfan

“Saya sudah konfirmasi kepada Pak Camat Bengalon, Suharman untuk menyelesaikan pembuatan TPA sampah tersebut dari lokasi pembuangan sampahnya, limbahnya dan sebagainya,” ujar Arfan kepada awak, belum lama ini.

Arfan menambahkan, dengan fasilitas TPA sampah dan administrasi yang sudah lengkap, dapat diusulkan kepada pemerintah untuk menyalurkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembiayaan penyelesaian pembangunan TPA ini. Bahkan, armada untuk operasional pembuangan sampah sebenarnya sudah tersedia dari PT Kaltim Prima Coal (KPC).

“Sebenarnya armada telah tersedia dari corporate social responsibility (CSR) PT KPC. Namun karena lokasi pembuangan sampah tidak ada sehingga belum berfungsi sebagaimana mestinya,” jelas Arfan.

Ia menyebutkan, armada yang dibutuhkan akan melibatkan perusahaan yang ada di Kecamatan Bengalon. Hal itu dikarenakan karyawan perusahaan tersebut juga salah satu penyumbang penumpukan sampah di Kecamatan Bengalon.

“Pembangunan TPA sampah di Bengalon itu merupakan hasil gotong royong antara masyarakat dengan stakeholder yang ada. Di antaranya perusahaan, Camat Bengalon, serta anggota DPRD dari dapil tersebut. Sedangkan masyarakat lah yang menghibahkan lokasi lahannya untuk TPA sampah tersebut,” ujar Arfan.(Advetiorial/Admin)