Beranda hukum Uce : DPRD dan Pemkab Targetkan Peserta BPJS Kesehatan Tahun Depan Naik

Uce : DPRD dan Pemkab Targetkan Peserta BPJS Kesehatan Tahun Depan Naik

607
0
Warga masyarakat saat mendaftar sebagai peserta BPJS kesehatan

SANGATTA (24/8-2019)

                Warga Kutai Timur (Kutim) yang menjadi peserta BPJS Kesehatan sekitar 78 persen, sehingga Uce Prasetyo – Ketua Sementara DPRD Kutim menyatakan dalam pembicaraan dengan Bupati Ismunandar belum lama ini, ditergetkan pada tahun 2020 nanti warga Kutim yang menjadi peserta BPJS Kesehatan mencapai 95 persen.

Uce Prasetyo – Ketua Sementara DPRD Kutim

“Ada kesepahaman, pada tahun 2020, 95 persen warga Kutim menjadi peserta BPJS  kesehatan,  sekarang mencapai  78 persen. Masih ada 78.000 orang warga lagi yang menjadi target Pemkab Kutim untuk memiliki jaminan kesehatan,” terang Uce Prasetyo kepada wartawan selepas menggelar rapat forum komunikasi pemangku kepentingan utama BPJS Kesehatan dan penyampaian hasil implementasi program Jamkesmas, Rabu (21/8) lalu.

Uce menambahkan target 78 ribu warga Kutim yang akan disertakan dalam BPJS Kesehatan yakni pegawai TK2D berupa iuran 3 persen dari gaji, sedangkan saat ini yang baru terdaftar sebanyak 3.000 orang  sisanya 4.000 baru dalam proses pendaftaran. Tidak hanya itu juga seluruh jajaran aparat desa dan penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah pusat juga mendapatkan hak yang sama dalam jaminan kesehatan sebanyak 37.000 orang.

Khusus PBI, terang Uce, akan dibentuk  tim dari berbagai OPD agar memastikan perbaikan Basis Data Terpadu (BDT)  sehingga anggaran dari pusat untuk jaminan kesehatan warga kurang mampu tersebut dapat terserap.

Selain itu ditambahkan Uce, kalangan  pegawai swasta yang belum menyertakan  di  BPJS Kesehatan diperkirakan mencapai 10.000  orang sehingga sisanya  18.000 jiwa  didaftarkan sebagai PBI, lewat APBD dari pajak rokok. “Anggaran yang dibutuhkan  sekitar Rp 5,6 Miliar,” bebernya.(SK3)

Artikulli paraprakSekda Tegaskan APBD Naik, Pemangkasan Anggaran OPD Tetap Dilakukan
Artikulli tjetërBrigade Alsintan Siap Bantu Petani