Beranda kutim Untuk Mendapatkan Visa, Jamaah Haji Wajib Rekam Biometrik

Untuk Mendapatkan Visa, Jamaah Haji Wajib Rekam Biometrik

752
0
Jamaah Haji Kloter IV Balikpapan Tahun 2018 diantaranya dari Kutim sedang antri untuk rekam biomterik

SANGATTA (6/4-2019)

               Sesuai ketentuan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, semua jamaah haji dan umrah tahun 2019 wajib melakukan perekaman biometrik untuk mendapatkan visa. Sayangnya perekaman biometrik pada tahun 2019 ini baru ada di beberapa kota saja, khusus Kaltim hanya ada di Balikpapan.

                Sedangkan jamaah haji tahun 2018 lalu, perekaman biometrik dilakukan di embarkasi setelah jamaah haji masuk asrama embarkasi. “Sekarang ini, proses perekaman biometri dilakukan sebelum visa terbit, karenanya jamaah haji tahun 2019 mau tidak mau melakukan perekaman ke Balikpapan,” terang Kasih Penyelenggaraan Haji dan Umum Kemenag Kutim, Sofiansyah, Jumat (5/4) terkait perekaman biometrik  calon jamaah haji.

                Perekaman biometrik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perekaman e-KTP dimana yang direkam yakni retina mata, sidik jari dan telapak tangan. Disebutkan Sofian, perekaman  biometrik untuk  memudahkan dan mempercepat proses imigrasi saat jemaah memasuki Arab Saudi. “Saat tiba di Saudi, jemaah tinggal pengecekan satu jari dan itu mempercepat proses imigrasi, tidak lagi melakukan perekaman sampai semua sidik jari seperti yang saya alami beberap tahun lalu,” jelasnya.

                Disebutkan, jamaah haji asal Kutim mendapat jadwal untuk perekaman biometrik pada Sabtu (6/4) karenanya sejumlah jamaah dengan mengunakan 3 bus, Jumat malam bertolak ke Balikpapan untuk melakukan perekaman biometrik di Balikpapan.

                Catatan Suara Kutim.com, perekaman biometrik jamaah haji tahun 2018 lalu dilaksanakan sebelum jamaah masuk asrama. Sementara saat berada di Bandara King Abdul Azis – Jedah, proses imigrasi berjalan lancar bahkan untuk pemeriksaan 400 lebih jamaah waktu yang dibutuhkan tidak lebih 30 menit sehingga semua jamaah sempat melakukan persiapan untuk berihram di bandara sebelum ke Makkah. (SK11)

Artikulli paraprakCPNS Diuji Selama Setahun, Tidak Boleh Minta Mutasi Selama 10 Tahun
Artikulli tjetërJalan Terendam, Pelajar Diangkut Dengan Truk BPBD