Beranda kutim adv pemkab Wabup Kasmidi Ingin Lom Plai Mendunia

Wabup Kasmidi Ingin Lom Plai Mendunia

646
0

SANGATTA (26/4-2019)

Pesta budaya “Lom Plai”  yang digelar warga Desa Nehes Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau secara perlahan menjadi daya tarik wisatawan. Acara yang digelar setiap tahun ini, mampu memukau wisatawan terutama yang kali pertama melihat.

Melihat trend wisatawan yang berkunjung, Wabup Kasmidi Bulang, berencan Lom  Plai ditangani Pemkab Kutim bekerjasama dengan lembaga adat dan aparat Desa Nehes Liang Bing. “Tahun depan pesta adat Lom Plai akan dikoordinir  Pemkab, tinggal teknisnya masyarakat adat yang membuat agenda acaranya, nanti pendanaannya dikoordinir Pemkab.  Insyaallah nanti kita naikkan anggaran di APBD 2020. Kalau perlu saya akan kawal anggarannya,” kata Kasmidi saat menghadiri acara tahunan warga Nehes Liah Bing ini, Kamis (25/4).

Kasmidi berharap, pesta adat Lom Plai digelar dengan kesiapan lebih matang lagi. Dengan harapan, dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara yang lebih banyak lagi. “Bagaimana kedepan juga menjadi keuntungan bagi masyarakat sekitar dengan menjual krajinan khas dayak serta penginapan dan hotel akan menjadi laris manis,” sebutnya.

Ia berharap ikut serta semua pihak, mendukung Lom Plai agar khasanah budaya yang ada terus diletastarikan dan menjadi kebangaan warga Kutim. “Kami di Kabupaten tugasnya ke atas-atas kita akan berkoordinasi ke provinsi melalui dinas kami,lalu   berkordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan, kalau perlu menteri kita undang agar event ini gaungnya lebih besar lagi,” ungkap Kasmidi yang langsung disambut aplusan warga masyarakat.(ADV-Humas Setkab Kutim)

Artikulli paraprakHanya 3 Hari, Rumah Huzaini Kembali Berdiri
Artikulli tjetërPenataan Tapal Batas Berlanjut, Tergantung Dana