Beranda kutim Wabup Kasmidi Minta Semangat Gotong Royong Digelorakan

Wabup Kasmidi Minta Semangat Gotong Royong Digelorakan

534
0

SANGATTA (14/7-2018)
Puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG- PKK) ke 46 dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyakat (BBGRM) ke- 15 se Kutim digelar di Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan, (14/7).
Wakil Bupati Kutai Timur ( Kutim) Kasmidi Bulang menilai bulan bakti gotong royong merupakan momentum untuk mengingatkan kita tentang arti penting gotong-royong, terutama untuk generasi penerus yang akan memikul sejarah kedepan.
“Gotong royong harus kita maknai bukan hanya sebagai slogan, jargon atau sebatas kata-kata. Gotong royong harus kita aktualisasikan, dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, wujudkan dalam tindakan nyata,” harapnya.
Kasmidi menandaskan semangat gotong royong memang harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak kita. Itulah sebabnya semangat gotong roong harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik yang nyata dan bukan sekedar wancana. Gotong royong merupakan intisari dari Pancasila dan seya berkeyakinan bahwa tanggungjawab untuk membangun bangsa ke depan harus dilakukan dengan menerapkan budaya gotong royong dalam bekerja.
Sebelumnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kutim Suwandi dalam laporannya menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan BBGRM ke 15 yang dirangkai dengan HKG PKK ke 46 di Kutim 2018 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 tahun 2005 tentang pedoman penyelenggaraan bulan bakti gotong royong masyarakat.
“Tujuan dan sasarannya yaitu untuk melestarikan dan mempertahankan semangat kegotong royongan dan rasa kebersamaan yang turun temurun, yang telah mengakar sehingga terpelihara, melembaga di kehidupan masyarakat yang diwariskan sejak nenek moyang kita bahari,” kata Suwandi.
Menandai dicanangkannya BBGRM ini, Kasmidi menyerahkan simbolis alat kerja berupa sekop, sapu dan cangkul sampah kepada Wakil Ketua I TP PKK Kutim Tirah Satriani, Camat Sangatta Selatan Hasdiah, para kepala desa, dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).
Sebelumnya Wakil Ketua I TP-PKK Tirah Satriani membacakan sambutan Ketua TP PKK kemudian menyerahkan bibit bawang tiwai kepada Ketua TP PKK Bengalon dan Busang serta penyerahan piagam penghargaan kepada kader PKK yang berhasil meraih prestasi, baik tingkat kabupaten maupun provinsi.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakSekda : Pemkab Perhatikan Kebutuhan Dasar Masyarakat
Artikulli tjetërGudang PT SSS Muara Ancalong Terbakar