Beranda kutim Wagub Optimis Swasembada Daging Terwujud

Wagub Optimis Swasembada Daging Terwujud

1071
0
Sapi-sapi jenis Bali yang berhasil dikembangbiakan di Bali
SANGATTA,Suara Kutim.com
Wakil Gubernur  (Wagub) Kaltim  Mukmin Faisal menegaskan program swasembada daging  dengan meningkatkan populasi sapi sebanyak  2 juta ekor sampai tahun 2018, tercapai. Optimisme ini didasarkan pada program dan dukungan dana  nyata  Pemprov dan Pemkab yang tiap tahun selalu melaksanakan program sesuai  rencana. “Program dua juta sapi Insya Allah   tercapai, karena pemprov sudah memprogramkan secara  bertahap, namun semua  itu harus  didukung dengan dana yang cukup. Kalau sekarang belum, memang karena targetnya memang sampai dua ribu delapan belas nanti  tapi tetap jalan sesuai dengan tahapan,” kata Wagub Mukmin Faisal.
Meski optimis terwujud, Mukmin tidak menyebutkan berapa anggaran yang digelontor bahkan ia ketika ditanya mengaku tidak ingat besarannya. “Kalau dana saya tidak ingat,  karena itu urusan teknis dinas namun saya yakin Dinas Perternakan  pasti menerima dana sesuai dengan perencanaan semula. Selain itu, karena tugas ini dibagi di daerah sesuai dengan potensi daerah itu, maka pendanaan itu akan disesuaikan  kebutuhan di daerah,” kata Mukmin pada wartawan, usai perermian Gedung Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim, Rabu (3/9).
Untuk mensukseskan program swasembada daging, Kutim kebagian 600 ribu ekor sapi. Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutim Syarifuddin Ginting,  tugas  mewujudkan Kutim swasembada daging tergolong berat namun   tetap dilaksanakan. “Kini pemkab  terus melakukan terobosan caranya memotivasi   kelompok tani untuk memelihara sapi  dimana pemerintah siap memberikan bibit sapi sesuai dengan kemampuan kelompok tani ,” sebut pria yang biasa disapa Ginting ini.
Dijelaskan, pada tahun 2014,  akan mendatangkan 1.618 ekor sapi bibit yang nantinya disebar  ke sejumlah kelompok tani di beberapa kecamatan untuk dipelihara dan dikembangbiakan. Secara rinci disebutkan, binit sapi sebanyak 1.618 ekor bibit diprogramkan melalu APBD Kaltim sebanyak 730 ekor bibit jenis Sapi Bali, kemudian  25 ekor sapi  jenis PO. Sedangkan, APBD Kutim mengalokasikan  773 ekor sementara dari APBN sebanyak 90 ekor.(SK-02)

Artikulli paraprakKTP Elektroni Dicetak di Daerah
Artikulli tjetërRS Pratama Berdiri di Sangkulirang