Beranda hukum Yusuf : 3 Faktor Penyebab Kasus Covid 19 di Kutim Meningkat

Yusuf : 3 Faktor Penyebab Kasus Covid 19 di Kutim Meningkat

770
0

SANGATTA (6/10-2020)

Penyebab Terus Naiknya Kasus Covid 19  di Kutim beragam penyebabnya.  Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kutim,  Muhammad Yusuf menyebutkan  dari analisis  Tim Dinkes Kutim penyebab naiknya kasus corona di Kutim selain pelaku perjalanan, juga terjadi  penularan antar rekan sekerja yang kemudian menjadi klaster perkantoran di pemerintah maupun swasta, serta penularan antarkeluarga atau yang kini disebut sebagai klaster keluarga.

“Kita cuma saling mengingatkan, jika bertambahnya kasus Corona di Kutim disebabkan beberapa hal. Pertama, adalah pelaku perjalanan. Yang lebih beresiko adalah pelaku perjalanan pengguna transportasi udara atau pesawat, dan darat. Khusus udara  pihak penerbangan hanya mempersyaratkan rafid test. Sedangkan rafid test bukan lagi diagnostik Covid19,” terang Yusuf.

Selain pelaku perjalanan, lanjut Yusuf adanya kontak erat saat beraktivitas di luar rumah termasuk  di kantor atau di tempat lainnya  yang tidak ketat penerapan protokol kesehatan. Kemudian penyebab yang ketiga, adalah terjadinya kontak erat orang atau anggota keluarga di rumah, karena mungkin ada salah satu keluarga yang keluar rumah atau beraktivitas di luar rumah yang mungkin telah terpapar virus korona dari luar.

Disebutkan, Pemkab   berharap  masyarakat lebih peduli dan waspada terhadap penularan Corona.  Masyarakat, imbuhnya, wajib  memperketat penerapan protokol kesehatan dan mempertahankan daya tahan tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, serta aktivitas atau berolahraga minimal 30 menit perhari.

“Ayo lebih peduli terhadap kesehatan sesama, terutama kita harus memperketat penerapan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan virus Corona dengan  menerapkan 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Selain itu yangtidak kalah penting, adalah mempertahankan daya tahan tubuh dengan cara menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, istirahat yang cukup, serta aktivitas atau berolahraga minimal 30menit perhari,” pesannya.(SK3)

Artikulli paraprakEUF : Mus Minta 10 Kotak Ya
Artikulli tjetërDituding Mengcovidkan Pasien, David Khawatir Moral Nakes Ambruk