Beranda ekonomi BRI Sedia Pinjami Pemkab Kutim Rp800 M Asalkan Kasda Dipindah Dari Bank...

BRI Sedia Pinjami Pemkab Kutim Rp800 M Asalkan Kasda Dipindah Dari Bank Kaltim

4483
0
Salah satu proyek yang sedang dikerjakan konttraktor yang harus dibayari Pemkab Kutim melaluin utang pada BRI. Proyek senilai Rp1,5 M ini berada di Jalan Yos Sudarso Sangatta atau kawasan bundaran.

SANGATTA,Suara Kutim.com (26/9)
Dengan syarat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) mengalihkan status Kas Daerah (Kasda) Kutim yang selama ini di Bank Kaltim ke Bank Rakyat Indonesia (BRI), pihak bank tertua di Indonesia ini bersedia memberikan pinjaman atau kredit sebesar Rp800 Miliar.
Sementara pembayaran kredit plus bunga akan dibayarkan pada tahun anggaran 2017 mendatang. Plt Sekda Irawasnyah dalam pertemuan dengan jajaran SKPD serta Forkominda Kutim, Senin (26/9) di Ruang Meranti Kantor Bupati menerangkan pinjaman ke BRI untuk menutupi kebutuhan dana pada tahun anggaran 2016 yang defisit mencapai Rp1,5 triliun. “Pinjaman ke BRI ini dilakukan untuk membayari kegiatan proyek antara bulan September hingga Desember mendatang, nantinya pembayaran akan dilakukan pada tahun APBD 2017,” terangnya dalam pertemuan yang dipimpin Bupati Ismunandar.
Dalam pertemuan yang juga diliput sejumlah wartawan itu, diungkapkan untuk mengatasi defisit APBD Kutim sebesar Rp1,5 triliun berbagai upaya dilakukan pemkab diantaranya menunda pembayaran insentif PNS, pengurangan kegiatan pemkab yang bersifat seremonial, serta membatasi perjalanan dinas. “Meminjam kepada BRI merupakan salah satu upaya, agar hak kontraktor terbayarkan semua,” terang Irawansyah.
Terhadap system pembayaran pinjaman, diungkapkan akan menggunakan APBD Tahun 2017 sebesar Rp2,6 triliun. Dengan demikian, otomatis APBD Kutim tahun 2017 yang tersisa hanya Rp1,8 triliun yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan pemkab termasuk gaji pegawai.(SK2/SK3)

Artikulli paraprakBosda Dicabut, Dikbud Kutim Diperintahkan Cari Solusinya
Artikulli tjetërBelum Ada Landasan Hukumnya, Pengumuman Seleksi Pegawai RS Pratama Sangkulirang Ditunda