Beranda ekonomi Busang Dapat 112 PLTS dari Pemprov Kaltim

Busang Dapat 112 PLTS dari Pemprov Kaltim

963
0
Camat Darius Memberikan Keterangan Pers
SANGATTA,Suara Kutim.com
Ratusan kepala keluarga (KK) di  Busang  dalam waktu dekat  bisa menikmati lampu penerangan,  karena  Pemprov Kaltim melalui Dinas Pertambangan Kaltim akan membantu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
Camat Busang Darius J Dian,   janji Pemprov, dalam waktu tidak lama sebanyak  112 unit PLTS  akan dipasang. Kepada wartawan, ia menyebutkan setiap KK mendapat  1 unit namun ia belum mengetahui berapa watt. “Ada kabar gembira bagi warga Busang, Pemprov Kaltim akan membantu  PLTS  yang direncanakan Oktober mendatang sudah terpasang,” ungkap Darius.
Ia mengakui   warga Busang  sangat memerlukan penerangan listrik saat ini, karena PLN mungkin akan sangat sulit masuk karenanya  bantuan pemerintah  diharapkan.  Ia mengakui, meski   ada kebutuhan lain seperti air bersih  namun listrik  lebih penting. “Sebab air, masih bisa diambil langsung dari sungai  karena sungai di Busang masih jernih sedangkan penerangan  mau ganti apa,” bebernya ketika berjumpa wartawan di sebuah kantin yang ada di lingkungan Pemkab Kutim.
Disebutkan, sejak  menjadi  Camat Busang,   telah mengusulkan  berkali-kali  agar Pemkab memberikan bantuan PLTS , ternyata tidak ada realisasi. “Hanya ada janji-janji memang pernah ada bantuan pemkab berupa mesin listrik merk  tapiu diesel sehingga  masyarakat tidak kuat  menanggung biaya BBM dan operasionalnta  terlebih  Busang  harga solar atau bensin  mencapai lima belas ribu perliter,  karena itu genset bantuan itu  sudah  tidak digunakan lagi,” bebernya.

Adanya  bantuan Pemprov Kaltim, Darius berharap Pemkab juga tergerak untuk membantu warga Busang.  “Mudah-mudahan ke depan ada pula bantuan dari Pemkab seperti yang kami usulkan tiap tahun dalam Musrembang,”  imbuhnya.(SK-02)
Artikulli paraprakSudah 1.260 Ha Lahan di KEK Maloy Dibeli Pemerintah
Artikulli tjetërDibahas Alot Rancangan Tatib Anggota Dewan