Beranda kutim Kaliorang Perlu PLTMH

Kaliorang Perlu PLTMH

0

Loading

Camat Kaliorang Hanasiah
SANGATTA,Suara Kutim.com
Camat  Kaliorang Hanasiah    prihatin dengan  keadaan wilayahnya  yang belu m tersentuh listrik dari PLN.    Selama ini, warga menggunakan PLTD pribadi namun  biaya operasionalnnya besar terutama untuk  bahan bakar minnyak (BBM).
 Hanasiah berharap Pemkab  membangun  Pembangkit Listrik tenaga Mikro Hidro (PLTMH) atau pembangkit listrik tenaga air mini   untuk membantu masyarakat mengatasi masalah listrik. “Sumber daya air  banyak di Kaliorang, kalau dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga hidro mikro saya rasa   bisa kebutuhan   sebagian  warga Kaliorang,” sebut Hanasiah kepada wartawan belum lama ini.
Ia mengungkapkan, selama dua tahun bertugas di Kaliorang, ia telah merasakan  betapa  berat mengatasi masalah listrik di  Kaliorang. “Untuk kantor kecamatan  belum ada listrik PLN, sehingga tiap hari menghabiskan  puluhan liter solar yang harus dibeli dengan harga mahal, keadana ini  sangat berat  terutama bagi masyarakat,” ujar Hanasiah seraya menyebutka ia kerap membeli sendiri solar untuk pelayanan publik.
Disebutkan, di kecamatannya  sudah ada beberapa keluarga yang menggunakan  pembangkit litrik tenaga air dalam skala kecil. Diakui, tahap awal biaya yang digunakan besar namun  tak ada kendala dalam pemeliharaan. “Warga  berharap pemerintah ke depan mau membangun pembangkit litrik tenaga air di Kaliorang,  sesuai apa yang telah kami usulkan tiap tahun, demi mengatasi kebutuhan listrik warga,” harapnya.
Wildan, salah seorang warga  setempat mengaku  sudah setahun lebih menggunakan listrik tenaga air.   Dengan biaya Rp8 juta,  litrik yang dihasilkan dari pembangkit litrik yang dia buat itu,  telah dimanfaatkan  bersama  dua keluarga lainnya selama setahun lebih.  “Biaya awal memang besar, namun tak ada biaya operasional tak perlu pikirkan oli, solar atau bensin tapi listrk bisa dinikmati sepanjang hari sepanjang malam,”  bebernya.(SK-02)

        
Artikulli paraprakNgak Ada Uang, Pengoperasian PLTG Tidak Jelas
Artikulli tjetërBBM Produk Kaliorang Melimpah, Silahkan Ambil