Beranda kutim haji Keluarga Jamaah Haji Menanti di Teluk Pandan dan Masjid Al-Faruq

Keluarga Jamaah Haji Menanti di Teluk Pandan dan Masjid Al-Faruq

1782
0
Keluarga jamaah haji saat menunggu kedatangan jamaah haji tahun 2019 di Masjid Al-Faruq Sangatta.

SANGATTA (5/9-2019)

            Kedatangan jamaah haji Kutim di Masjid Al-Faruq Sangatta, dinanti ratusan keluarga mereka. Demikian dengan warga Teluk Pandan, juga menanti kedatangan kerabat mereka. Bahkan warga Teluk Pandan telah menanti kedatangan jamaah sejak pukul 07.00 Wita di Masjid Assobirin.

Pintu gerbang haji yang disiapkan keluarga jamaah haji menyambut kedatangan kerabat mereka dari tanah suci. (Foto Ist)

            Warga Teluk Pandan menyambut jamaah dengan acara khusus yakni menyiapkan tim grup rabana. “Kami ingin menyambut saudara kami yang datang pulang haji, meski kami berduka karena ada warga Teluk Pandan yang wafat di tanah suci,” kata Sapruddin warga Teluk Pandan.

            Menyambut kedatangan keluarganya, sejumlah persiapan dilakukan termasuk membuat gapura haji atau memasang spanduk ucapan selamat datang. Warga yang memadati Masjid Al-Faruq datang dengan pakaia rapi seperti pergi ke undangan. “Aduh, senang sekali orang tua datang dari tanah suci karenanya pakaianya serapi mungkin,” aku seorang wanita ketika ditanya Suara Kutim.com.

            Warga yang datang di Masjid Al-Faruq untuk menyambut jamaah haji tidak saja warga Sangatta tetapi ada dari Bengalon, Sangkulirang, Muara Wahau dan kecamatan lainnya termasuk keluarga Haji Hanan dari Dusun Sangkima Dalam Sangatta Selatan.

            Jamaah Kloter 5 Balikpapan yang berjumlah 454 orang saat berangkat ke tanah suci namun ketika kembali ke tanah air, Rabu (4/9) berjumlah  452 orang.  Rombongan jamaah haji Kloter 5 Balikpapan, Rabu (4/9) pukul 20.58  WITA tiba di Bandara Internasional Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

            Rombongan yang terbang dari Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah ini terdiri jamaah asal Kutim, Samarinda, dan Paser. Jamaah yang bertolak ke Makkah pada 23 Juli 2019 lalu dipimpin dipimpin Abdul Gafur dari Paser sebagai Ketua Kloter, kemudian Nanang Gazali  (TPIHI), Hardiansyah Baharuddin dari Samarinda, Suparno Suyat Ramsiah dari Paser serta Rahdatu Fakanur Rozi dari Kutim masing-masing sebagai TKHI ditambah TPHD diantaranya Agustinah dari Kutim.

Tim Kloter 5 Balikpapan pamitan dengan Masjid Nabawi Madinah. (Foto ist)

            Setiba di Balikpapan, semua jamaah mengikuti proses kedatangan di Embarkasi termasuk makan malam. Setelah beberapa jam istirahat, Kamis (5/9) pukul 02.00 Wita  melanjutkan  pemberangkatan ke daerah masing-masing diantaraya Kutim.(SK11)

Artikulli paraprakKodim Pati Galakan Aerobik Agar Prajurit Bugar
Artikulli tjetërBaru Agiel dan Yusuf Mendaftar di PDI Perjuangan