Beranda foto Kesbangpol dan KPU Sosialisasikan Pilkada 2015 di Semua Kecamatan

Kesbangpol dan KPU Sosialisasikan Pilkada 2015 di Semua Kecamatan

1513
0
Sayuti Ibrahim dari KPU Kutim saat menyampaikan materi KPU pada sosialisasi Pilkada Kutim 2015.

SANGATTA,Suara Kutim.com (18/6)
Masyarakat Kutai Timur (Kutim) sebagai pemilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) atau Pilkada 2015 harus cerdas, jika tidak mengalami kerugian. Harapan itu disampaikan Sayuti Ibrahim – salah satu komisioner KPU saat mensosialisasikan Pilkada 2015 kepada masyarakat Bengalon. Hal senada juga dilontarkan Arafah saat bertemu dengan masyarakat Teluk Pandan.
Sosialisasi yang digelar Badan Kesbangpol Kutim bertujuan agar masyarakat mengetahui jadwal Pemungutan Suara yang ditetapkan Rabu (9/12). “Sosialisasi Pilkada digelar ke seluruh kecamatan terutama kepada aparat desa dan tokoh masyarakat dengan harapan secara berjenjang aparat desa bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat,” terang Kepala Kesbangpol Kutim Abdul Kadir.
Menurut Sayuti, KPU sudah mulai melaksanakan tahap-tahapan Pilkada diantaranya membuka penyampaian berkas surat dukungan masyarakat kepada calon perseorangan. Dalam waktu tidak lama akan disampaikan daftar pemilih oleh KPU Kutim ke PPS. “Bagi warga masyarakat yang sudah meninggal atau pindah wajib dihapus dari daftar yang ada, sementara yang belum terdaftar saat Pilres lalu segera melapor ke PPS atau aparat desa agar bisa dimutahirkan datanya,” kata Sayuti seraya menambahkan penetapan DPT dilakukan 1 Oktober 2015.
Sayuti dan Arafah, mengingatkan masyarakat Kutim untuk tidak terbuai dengan pemberian oknum yang ingin “membeli suara” pemilih. “Dalam UU Pilkada, jika terjadi penyuapan dan ditertangkap basah akan dilakukan penindakan tegas sampai pendiskualifikasian pasangan calon,” pesan keduanya.
Terpisah Kepala Badan Kesbangpol Kutim Abdul Kadir menerangkan mensosialisasikan Pilkada 2015 menjadi tanggungjawab Pemkab Kutim, sedangkan hal-hal teknis Pilkada disampaikan KPU. “Sosialisasi sudah semua kecamatan terakhir pada Senin lalu di Bengalon dan Teluk Pandan, selain sosialisasi Kesbangpol juga memantau pemasangan baliho oleh kandidat bakal calon apakah sudah tepat dengan aturan yang ada atau tidak,” terang Abdul Kadir.(SK-03/SK-09)

Artikulli paraprakTim Sukses Mugeni : Surat Dukungan Masyarakat ke Mugeni Capai 35 Ribu Lebih, Namun Sudah Deal Dengan Parpol
Artikulli tjetërKesbangpol Mata-Matai THM Bandel, PMI dan PMII Janji Tutup Paksa