Beranda ekonomi Lanal Sangatta Awasi Perairan Kutim Dari Bontang Hingga Tanjung Mangkaliat

Lanal Sangatta Awasi Perairan Kutim Dari Bontang Hingga Tanjung Mangkaliat

3680
0
KAL Kudungga yang dibeli Pemkab Kutim untuk membantu Lanal Sangatta melakukan pengawasan laut Kutim.

SANGATTA,Suara Kutim.com (11/9)

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Donny Suharto
Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Donny Suharto
Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Sangatta aktif menggelar patroli di pesisir pantai Kutai Timur yang membentang dari Teluk Pandan hingga Tanjung Mangkaliat. Patroli yang melibatkan semua kekautan bertujuan mengantisipasi tindak kriminal dan illegal fishing.
Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Donny Suharto, kepada wartawan seusai memimpin upacara HUT TNI-AL ke 70, Kamis (10/9) menerangkan patroli yang dilakukan oleh Lanal Sangatta menggunakan Kapal Anggakan Laut (KAL) Kudungga. “Patroli rutin dilakukan selama satu minggu di dukung Patroli Keamanan Laut (Patkamla) yang melakukan patroli pengamanan disela istirahatnya KAL Kudungga,” jelas Danlanal Donny Suharto.
Selain melaksanakan tugas rutin, Lanal Sangatta, ujar Danlanal Donny Suharto juga melakukan aktitas kemasyarakatan lainnya diantaranya terlibat dalam pencarian korban kecelakaan di laut, diterkam buaya atau pendidikan penyelamatan terumbu karang.
Disebutkan, saat ini Lanal Sangatta membawahkan 5 Pos Patroli AL yang tersebar di sepanjang pesisir perairan Kutim. Setiap pos dijaga minimal 10 orang yang ditempatkan di setiap pos. “Lebih 60 personil AL yang siap melakukan pengamanan di perairan di Kutim yang menjadi salah satu urat nadi pelayaran nasional,” terangnya.
Sebagai kawasan yang berada di Selat Makassar dan mempunyai sejumlah Obyek Vital Nasional (Obvitnas) seperti PT Pupuk Kaltim, PT LNG Badak, Pertamina di Sangkima dan Batubara, Danlanal Donny Suharto mengakui menjadi salah satu tugas utama Lanal Sangatta. “Patroli yang dilakukan Lanal Sangatta tiada lain untuk mengamankan sejumlah obvitnas dari gangguan keamanan yang bisa dilakukan lewat laut,” bebernya danlanal. (SK-03/SK-012)

Artikulli paraprakBeroperasi Tanpa Izin, Pemkab Hentikan Beri Izin ke Indomaret
Artikulli tjetërRencana Pembentukan Kutara “Masuk” Kemendagri dan DPR, Secara Resmi Diusulkan Pemprov Kaltim