Beranda kutim PPL dan Babinsa Dilatih Mengenal Alsintan

PPL dan Babinsa Dilatih Mengenal Alsintan

557
0

SANGATTA (21/7-2018)
Sektor pertanian terus mengalami perkembangan terutama dari segi teknologi, namun teknoligi yang ada tidak bisa digunakan maksimal jika yang mengoperasikannya bukan tenaga ahli. Sebagai persiapan banyakanya Alat Mesin Pertanian (Alsintan) disalurkan Dinas Pertanian Kutim, sebanyak 30 orang dilatih mengoperasikan Alsintan.
Pelatihan yang melibatkan 25 orang Penyuluh Pertanian Lapangan dan 5 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kodim 0909 Sangatta ini, bertujuan sebagai pendamping petani dalam budidaya tanaman mulai dari persiapan, pengolahan lahan,panen hingga pascapanen sekaligus dengan pelatihan Usaha Pelayanan dan Jasa Alsintan (UPJA).
“Pelatihan dilakukan bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang Kalimantan Selatan di Unit Pelaksana Teknis Penyuluhan Pertanian Peternakan dan Perkebunan (UPT P4) Kecamatan Rantau Pulung,” terang Kadis Pertanian Sugiono.
Bersama Ketua Panitia Pelatihan Firman Firdaus dijelaskan pelatihan dilakukan agar PPL dan Babinsa dapat memberikan informasi sekaligus praktek pengoperasian alsintan kepada petani dan penerapan modernisasi pertanian. Mulai penggunaan alat tanam, traktor pengolah tanah hingga mesin panen dan alsintan lainnya.
“Sudah tuntutan zaman, untuk meningkatkan hasil produksi pertanian penggunaan mesin pertanian mutlak digunankan. Intinya dengan alat modern ini bisa memudahkan proses pertanian dan menarik minat generasi muda untuk berkecimpung di bidang pertanian,” kata Sugiono.
Ia mengakui, Alsintan dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah dan intensitas pertanaman, penyediaan air, meningkatkan produksi ternak, mengurangi kehilangan hasil panen, menjaga kesegaran dan keutuhan produksi dan yang terpenting bisa melestarikan fungsi lingkungan.(ADV-KOMINFO)

Artikulli paraprakSuparto : Potensi Kepariwisataan Kutim Menjanjikan, Hanya Perlu Penataan Lebih
Artikulli tjetërKemenag Lakukan Manasik Haji di Muara Wahau