Beranda hukum Terapkan ISO 9001, Masyarakat Apresiasi Polres

Terapkan ISO 9001, Masyarakat Apresiasi Polres

1457
0
DIALOG : Kapolres Kutim AKBP Edgar Diponegoro sedang mendengarkan pendapat Abdul Hakim seorang advokat tentang pelayanan jajaran Polres Kutim

SANGATTA,Suara Kutim.com

Kapolres AKBP Edgar Diponegoro menyerahkan sertifkat ISO 9001 kepada para Kasat di lingkungan Polres Kutim
Kapolres AKBP Edgar Diponegoro menyerahkan sertifkat ISO 9001 kepada para Kasat di lingkungan Polres Kutim
Masyarakat Kutim termasuk kalangan pegiatan hukum dan beberapa LSM menyambut positif dengan kebijakan Kapolres Kutim AKBP Edgar Diponegoro dan Wakapolres Kompol A Fanani, serta jajaran polres lainnya menerapkan standar pelayanan yang berlandaskan ISO 9001.
Saat berlangsung dialog antara kapolres dengan sejumlah warga masyarakat, Kapolres Edgar Diponegoro, Kamis (29/1) menyebutkan pelayanan berstandar ISO 9001 di lingkungan Polres Kutim menegaskan bagaimana jajaran polres memberikan pelayan sebaik-baiknya dan transparan seperti saat ada pelaporan di Serse, Pembuatan SIM oleh Satlantas, Pemberian ijin keramaian serta SKCK , termasuk komplain masyarakat bahkan soal barang bukti dan proses pembesukan warga bermasalah. “Kami salut dan bangga dengan Polres Kutim, karena dengan berani menerapkan standar pelayanan secara menyeluruh,” kata Basuki seorang PNS Pemkab Kutim.
Hal senada juga dikemukana Ali Bahri dari LSM Perkutim, Abdul Hakim seorang advokat serta politikus. Menurut mereka, tekad jajaran Polres menerapkan standar pelayanan prima meski baru kali pertama patut diaptresiasi. “Tekad Kapolres dan jajaran Polres Kutim untuk menerapkan standar pelayanan berdasarkan ISO 9001 tentu memberikan angina segar bagi masyarakat Kutim yang mengharapkan adanya perlindungan dan pelayanan yang memadai,” ujar Alim Bahri.
Terhadap laporan masyarakat, Alim menaruh harapan ada jaminan dari polisi sehingga pelapor terjamin keamanannya. Menanggapi harapan tokoh Perkutim itu, Edgar menyatakan jajarannya membuka pintu selebar-lebarnya bagi masyarakat terkait dengan keluhan. “Kami jamin keamanan pelapor, mudah-mudahan kita saling mengoreksi kekurangan polri dalam pelayanan terutama di Polres Kutim,” kata Edgar.
Penerapan SOP pelayanan dengan menerapkan ISO 9001 oleh Polres Kutim, diakui Doni Gunawan merupakan yang pertama dilevel polres. Di level Polda , diterangkannya baru pada pelayanan sumber daya manusia diantaranya dalam penerimaan anggota polisi yang baru. “Pelayanan ISO 9001 di Polres Kutim tiada lain implementasi UU No 25 tentang kepuasan atas pelayanan dan UU no 14 tentang keterbukaan public. Dengan mendapatkan ISO, pelayanan harus dilakukan sesuai Standar Operasional (SOP) yang tidak melanggar UU dalam penanganan setiap pekara serta UU tentgang KIP,” tandasnya.(SK-02/SK-09)

Artikulli paraprakBaru Dibangun, Plafon SMP 1 Sangatta Utara Ambruk
Artikulli tjetërMugeni : Malaria Harus Diperangi Bersama