Beranda hukum Wabup Kasmidi : Data Orang Miskin Harus Valid

Wabup Kasmidi : Data Orang Miskin Harus Valid

602
0

SANGATTA (28/11-2018)
Akurasi dan validasi data menjadi vital dalam program perlindungan sosial bagi masyarakat miskin atau kurang mampu, terutama bagi Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) sebagai pengambil kebijakan dalam program peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Data yang akurat,kata Wabup Kasmidi Bulang, berguna bagi Pemkab Kutim dalam membuat keputusan atau kebijakan sehingga tidak menimbulkan dampak hukum dikemudian hari.
Hal itu, diungkapkan Kasmidi ketika ditanya Suara Kutim.com terkait data warga kurang mampu yang kerap berbeda antara OPD termasuk dengan BPS. Dalam percakapan belum lama ini, Kasmidi menaruh harapan apa yang dihasilkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Sosial belum lam ini, menjadi acuan semua OPD. “Kalau memang di kecamatan A, data Dinsos ada 10 ya semua OPD lainya juga sama, jangan beda-beda,” ungkapnya.
Ia mengakui, akibat kurang validnya data kerap menimbulkan masalah terutama jika ada bantuan yang akan disalurkan. “Selama ini banyak keluhan di masyarakat, bahwa bantuan yang disalurkan pemerintah tidak tepat sasaran. Masih ada masyarakat yang tergolong mampu justru menerima bantuan program penanggulangan kemiskinan. Namun di lain pihak ada masyarakat miskin yang seharusnya dapat bantuan malah tidak menerima, karena itu harus dibenahi agar tepat sasarannya,” bebernya.
Yang parah, ujar Kasmidi, ada warga kurang mampu telah wafat namun tetap mendapat bantuan sehingga menimbulkan masalah. Ia mengakui, kesalahan terjadi beberapa penyebab termasuk proses pendataan sasaran yang kurang cermat serta belum adanya pemutakhiran data. “Data yang ada saat ini, data tahun 2014 dapat dibayangkan berapa lamanya,” ungkapnya.(SK4)

Artikulli paraprakRatusan Aparat Keamanan Siap Jaga Pelaksanaan Porprov Kaltim
Artikulli tjetërBupati Serahkan Penghargaan Presiden ke 286 PNS Kutim