Beranda ekonomi Agar Sembako Tersedia, Disperindag Pantau Setiap Hari dan Gandeng Agen Besar

Agar Sembako Tersedia, Disperindag Pantau Setiap Hari dan Gandeng Agen Besar

700
0
Sekda Irawansyah didampingo Dony sempat meninjau ketersediaan sembako di sejumlah pasar di Sangatta.

SANGATTA (10/5-2019)

                Mengantisipasi kenaikan harga sejumlah barang terutama Sembako selama Ramadhan 2019, Dinas Perindag Kutim mengandeng distributor atau agen besar luar Kutim.  Kasi Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Kutim, Ahmad Dony Evriady menyebutkan pemantauan harga barang terus dilakukan agar tidak terjadi kelangkaan terlebih akibat penumpukan. “Yang diantisipasi saat ini Sembako seperti beras, minyak goreng, telur, tepung dan gula,” terangya.

Nantinya, kata Dony,  apabila di Kutim mengalami kekurangan ataupun kekosongan barang,  langsung dikoordinasikan dengan tim PDN  untuk menyuplai sehingga tidak menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga yang berdampak terhadap kenyamanan masyarakat.

Dony menyebutkan, pantauan  Gubernur Kaltim Isran Noor belum lama ini  diketahui ketersediaan beras di Bulog Samarinda mencapai 21  ribu ton yang dapat memenuhi kebutuhan kabupaten dan kota  di Kaltim. Sementara, data Disperindag Kutim, saat ini ada kelebihan stok5 ton.

Disebutkam, untuk 6  bulan kedepan, ketersediaan beras di Kutim aman namun  telur masih sebagian besar dipasok dari luar, sedangkan kebutuhan Kutim belum bisa dipenuhi peternak lokal. Berkaca dari tahun sebelumnya, sebut Dony, harga telur naik lebih awal karenanya  mengantisipasi diminta   agen telur diluar Kutim  untuk menyuplai telur.”Selama bulan suci Ramadhan ini bahkan lebaran nanti diharapkan pedagang bisa bekerjasama untuk tidak menaikkan harga barang,” imbuhnya.(SK4)

Artikulli paraprakIkuti Peda KTNA Tahun di Berau, Kutim Kirim 285 Orang
Artikulli tjetërAtlit Porprov Kaltim Menanti Bonus