Beranda politik DPRD Kutim Anggota DPRD Kutim Ikuti Bimtek di Samarinda, Dapat Ilmu SIPD

Anggota DPRD Kutim Ikuti Bimtek di Samarinda, Dapat Ilmu SIPD

694
0

SUARAKUTIM.COM; SANGATTA — Puluhan anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur (Kutim), mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dan Peningkatan Kapasitas Pimpinan yang digelar di Samarinda, sejak tanggal 30 Mei sampai 1 Juni 2022, kemarin.

Tidak hanya mendapatkan pembekalan peningkatan kapasitas pimpinan, para anggota DPRD Kutim ini juga mendapatkan pengetahuan terkait mekanisme dan cara penginputan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

“Kami diberi pembekalan dan arahan dalam penginputan SIPD,” ungkap Anggota Komisi C DPRD Kutim, Masdari Kidang kepada awak media, Kamis (02/5/2022).

Anggota dprd Kutim, Masdari Kidang

Pasalnya, lanjut Kidang, sebagian anggota dewan masih ada yang belum memahami mekanisme SIPD. Dimana setiap dewan harus menginput program kerja atau hasil aspirasi masyarakat ke dalam SIPD.

“Kalau dewan baru kaya saya ini menjadi hal yang baik, menambah pengetahuan soal penginputan pokok pikiran (pokir) atau aspirasi, karena sebelum ini banyak program kami yang belum terinput,” ucapnya.

Selain itu, ia juga mendapat wawasan soal penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Dimana dewan harus benar-benar memperhatikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dari penggunaan APBD.

“Lalu juga dijelaskan kami (dewan,red) itu sejajar dengan pemerintah daerah, hanya saja kita sebagai pemberi program kerja,” ujarnya.

Ditambahkan Kidang, sebagai bentuk evaluasi, hasil dari bimtek tersebut akan didiskusikan kembali oleh pihak pimpinan dan ketua komisi DPRD Kutim. Setelah itu baru akan dibahas bersama seluruh anggota DPRD Kutim.”Nanti mau dibahas lagi oleh para pimpinan Dewan,” pungkasnya.(Adv/Red/Ril)

Artikulli paraprakGeopark dan Wisata Pulau Miang jadi Sorotan Nasional, Bupati Berharap OPD Terkait Siapkan Data Penunjang
Artikulli tjetërFestival Sampah Plastik, Bicara Krisis Iklim Hingga Pengolahan Sampah Terpadu