Beranda ekonomi Banyak Barang Dilarang Disita Petugas di Embarkasi

Banyak Barang Dilarang Disita Petugas di Embarkasi

831
0
Barang bawaan jamaah haji yang disita petugas di embarkasi.

JAKARTA (13/7-2019)

                Entah tak mengerti atau memang sengaja dengan maksud coba-coba, sejumlah barang yang dilarang dalam tas tenteng jamaah haji tahun 2019 terpaksa disita petugas. Kasus yang terjadi disejumlah embarkasi yang sudah memberangkatkan jamaah haji tahun 2019 ini, kata Khoirizi H Dasir – Direktur Bina Haji Kemenag.

Tas tenteng ketika diperiksa petugas dari penerbangan.

                Berdasarkan laporan yang ia terima, jamaah masih membawa barang-barang yang melampui ketentuan penerbangan internasional seperti  krim, pasta gigi, gel yang  batas maksimum  100 ml, barang-barang berbahaya lainnya berupa parfum tabung yang mudah meledak.

                Khorizi mengigatkan, penerbangan ke Arab Saudi harus on time karena menyangkut jadwal pendaratan di Jeddah atau Madinah. “Demi kelancaran, sebaiknya jamaah mentaati aturan yang ada jangan sampai gara-gara barang, tertinggal naik pesawat,” terangnya.

                Keterangan yang dihimpun Suara Kutim.com dari sejumlah embarkasi, selain pasta dan benda cair yang melebihi ketentuaan penerbangan. Petugas juga menemukan sejumlah barang yang sama sekali tidak ada hubungan dengan ibadah jamaah seperti jamu sari rapet, kondom, dan pil kuat serta rokok dalam jumlah banyak.

                Terhadap barang-barang yang dilarang dibawa baik tersimpan dalam tas tenteng maupun koper, akan ditahan karena akan menghambat perjalanan di Arab Saudi. Beberapa petugas menyebutkan, jika barang – barang yang sudah termasuk dilarang oleh Kerajaan Arab Saudi maka yang terkena adalah pemilik barang saat dilakukan pemeriksaan di Bandara Jeddah atau Madinah. (SK12)

Artikulli paraprakHadi : Sudah Banyak Korban Kejahatan di Madinah, Jamaah Wajib Hati-Hati
Artikulli tjetërPerjuangan Mas Udah, 2 Anaknya Lumpuh Total