Beranda ekonomi Bus Patas Sangatta – Balikpapan Bakal Masuk Sangatta

Bus Patas Sangatta – Balikpapan Bakal Masuk Sangatta

2160
0

SANGATTA (25/3-20187)
Warga Sangatta, dalam waktu dekat akan dilayani bus jika ingin berpergian ke Balikpapan atau sebaliknya. Ini tiada lain, akan beroperasinya Bus Cepat Terbatas (Patas). Kepala Bidang Perhubungan Darat pada Dinas Perhubungan Kutai Timur (Kutim), Failu kepada Suara Kutim.com membenarkan sudah ada pembicaraan bakal beroperasinya patas di Sangatta. “Kami sudah meminta agar pihak perusahaan bus untuk melakukan presentasi terkait mekanisme dan keuntungan dengan masuknya patas ke Sangatta,” terangnya.
Namun ia mengakui, rencana masuknya patas menimbulkan pro dan kontra dikalangan pengelola jasa angkutan umum di Sangatta, diantaranya Asosiasi Travel Sangatta (ATS) karena khawatir dengan beroperasinya bus patas kelak akan mengurangi potensi jumlah penumpang mereka.
Sementara itu, Organda Kutim dan pengusaha angkutan kota (Angkot) di Sangatta memberikan dukungan. Pasalnya, angkot juga akan kecipratan rezeki karena sistem pelayanan Patas yakni antar terminal terlebih terminal Sangatta merupakan terminal antar kota dalam provinsi. “Penumpang bus patas naik dan turun Terminal Sangatta akan langsung diantar ke alamat tujuan masing-masing menggunakan angkot. Tentunya hal ini akan menambah pundi-pundi rezeki para supir angkot Sangatta yang selama ini mulai kolep karena sepi penumpang,” ujar Failu.
Meski demikian, Failu menambahkan beroperasinua bus patas di Sangatta belum final karenanya dilakuakn kajian secara menyeluruh terkait untung dan ruginya terkait beroperasinya armada bus patas di Sangatta.
Ia menaruh, harapan jika nantinya disetujui beroperasinya bus patas ini, maka harus menggunakan armada bus yang benar-benar baru dan bukan bus bekas perusahaan tambang. Selain itu, rencananya armada bus yang bakal melayani rute Sangatta-Balikpapan ini hanya bus berkapasitas 20 kursi namun sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet. (SK3)

Artikulli paraprakTinggal 12 Desa Terisolasi di Kutim
Artikulli tjetërProyek Jembatan Sangatta Selatan Segera Dibangun, Kontrak Sejak Bulan Januari