Beranda hukum Dalam 2 Pekan Terakhir, Minimal 500 Orang Berurusan di Dukcapil Kutim

Dalam 2 Pekan Terakhir, Minimal 500 Orang Berurusan di Dukcapil Kutim

1130
0
Warga Kutim yang datang ke Dukcapil Kutim

SANGATTA (9/7-2017)

Januar – Kadis Dukcapil Kutai Timur
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kutai Timur (Kutim) dalam beberapa pekan terakhir mengerahkan segala sumber daya manusianya (SDM) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Kepada Suara Kutim.com, Kadis Dukcapil Januar Harlian Putera Lembang Alam, menerangkan dari 700 pelayanan yang diberikan setipa hari, terbesar perekaman data untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) selain itu Kartu Keluarga (KK) serta akta kelahiran. “Meningkatnya permintaan masyarakat akan pelayanan Dukcapil terjadi sejak bulan puasa hingga sepekan lebaran,” terang Januar.
Ditemui di ruang kerjanya, Januar bersama Sekretaris Ajuansyah dan Kabid Kependudukan Admiransyah menyebutkan sebagian besar warga yang datang dari kecamatan, terutama Muara Wahaudan Kongbeng. “Banyaknya warga yang datang, pelayanan tetap dilakukan meski hingga malam,” ujar Januar yang ditambahkan Admiransyah, pendaftaran dibatasi hingga pukul 14.00 Wita.
Berdasarkan pengamatan Januar, membeludaknya perekaman data dan permohonan KTP, karena adanya sejumlah warga yang akan melanjutkan pendidikan di luar Kutim selain itu pindah ke daerah lain. Sementara permintaan akta kelahiran terkait masuk sekolah. “Dalam dua pekan terakhir, sehari minimal 500 pelayanan karena tempatnya hanya mampu menampung 40 orang, terpaksa sebagian besar berada di luar gedung,” timpal Ajuansyah.
Membeludaknya pengunjung Disduk Capil Kutim, menjadi perhatian Bupati Ismunandar saat melintas Kantor Dukcapil Kutim yang berada di Jalan AW Syahrani Sangatta. Saat bertandang Ismu menemukan banyaknya warga yang meminta pelayanan,sementara ruangan terbatas.
Kepada jajaran Dukcapil ia menaruh harapan pelayan diberikan semaksimal mungkin, dan kepada waragnya Ismu untuk memahami keadaan. “Yang penting, semua terlayani meski harus lembur karena inilah bentuk pelayanan kepada masyarakat,” kata Ismu.(SK12)

Artikulli paraprakSemua Pelaku Pembunuhan Sadis, Pengguna Narkoba
Artikulli tjetërLabotarium PU Terakreditasi KAN