Beranda hukum Dalam Rapat Konsolidasi DOB di DPD – RI, Ismu Nyatakan Mendukung Pembentukan...

Dalam Rapat Konsolidasi DOB di DPD – RI, Ismu Nyatakan Mendukung Pembentukan Kutai Utara

1652
0
Suasana Rapat Konsolidasi Pembentukan Daerah Otonomi Daerah (DOB) yang digelar Komite I DPD-RI, Selasa (4/10) tahun 2016 lalu. Inset Bupati Ismunandar menandatangani beriata acara dukungan pembentukan DOB bersama 171 daerah lainnya.

SANGATTA,Suara Kutim.com (4/10)
dob-kutara-2Pembentukan Kabupaten Kutai Utara (Kutara) bakal tidak lama terwujud, bahkan diprediksi tahun 2017. Prediksi ini tiada lain dengan keputusan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang Selasa (4/10) menggelar Rapat Konsolidasi Nasional Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).
Rapat yang dihadiri sejumlah gubernurm, bupati dan walikota termasuk Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar. Rapat akbar yang berlangsung di Gedung Nusantara V dipimpin Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowan.
Setelah dibuka, dipaparkan 171 nama-nama usulan DOB provinsi, kabupaten dan kota termasuk Kutai Utara. Catatan Suara Kutim.com, ada 15 calon DOB provinsi, sementara kabupaten sebanyak 129 daerah dan kota sebanyak 27 kota. “Tanpa DPD, pemekaran pasti tidak bisa dilakukan ini amanat Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, karena itu mohon dipahami betul, dalam memperjuangkan DOB dasar yang dipakai adalah UU Pemda,” kata Akhmad Muqowam.
Senator asal Jawa Tengah ini berharap, proses pembentukan DOB tahun 2016 tidak ada permasalahan lagi. Diungkap Ahmad Muqowam, rapat konsolidasi DOB untuk meminta kepastian sikap kepala daerah. “Yang perlu saya konfirmasikan dan sampaikan kepada bapak ibu sekalian, apakah mendukung pemekaran atau pembentukan DOB di tempat bapak dan ibu,” kata senator yang kembali terpilih kembali memimpin Komite I DPD-RI.
Bupati Ismunandar yang hadir dalam pertemuan skala nasional ini menyatakan dukungannya akan pembentukan Kabupaten Kutai Utara. Didampingi Asisten Pemerintahan Syafruddin Syam, Asisten Kesra Mugeni serta Kabag Pemerintahan Alex, dengan tegas Ismu menyatakan dukungannya. “Luas wilayah Kutim melebihi sejumlah provinsi di Pulau Jawa, wilayah Kutai Utara yang terdiri delapan kecamatan luasnya sebagian dari luas Kutai Timur karenanya keterbatasan infrastruktur membuat percepatan pembangunan di wilayah pedalaman terkendala,” kata Bupati Ismunandar.
Karena luas wilayah dan melihatv potensi Kutara, Ismu menyatakan Pemkab dan DPRD Kutim menyatakan dukungan penuh untuk pembentukan Kutara. “Pemkab Kutim mendukung pembentukan Kutara, ini demi pemerataan dan percepatan pembangunan daerah,” kata Ismu yang langsung disambutan pekikan Allahuakbar oleh sejumlah warga Kutara yang ikut mengikuti rapat.
Rapat yang diikuti ratusan orang ini, diakhiri dengan penandatangan berita acara oleh semua kepala daerah yang mendukung pembentukan DOB. (SK13)

Artikulli paraprakRakor Kominda Kutim Bahas Paham Radikalisme dan Pilkades
Artikulli tjetërAPBD Kutim Berkurang Rp787,8 M, Sitaan Kejaksaan Jadi Sumber Penerimaan