Beranda ekonomi Diduga Akibat Bom Ikan, Terumbu Karang Teluk Kaba Rusak Berat

Diduga Akibat Bom Ikan, Terumbu Karang Teluk Kaba Rusak Berat

391
0

SuaraKutim.com; Sangatta — Forum Pemerhati Masyarakat Pesisir (FOPSIR) Kutai Timur, baru-baru ini mengeluarkan laporan hasil pemantauan kesehatan ekosistem terumbu karang, di wilayah perairan Teluk Kaba dengan Kondisi rusak berat. Kondisi kerusakan ini diduga akibat kegiatan pengeboman ikan yang dilakukan oknum nelayan.

“Diduga (kerusakan terumbu karang, red) akibat terjadinya aktivitas masyarakat sekitar yang melakukan pemanfaatan daerah terumbu karang secara tidak bijak, yakni dengan melakukan pengeboman ikan,” ujar Imanuddin selaku Ketua Harian Fopsir Kutim, saat diwawancarai melalui sambungan telpon, Selasa (05/07/22) kemarin.

Tampak Patahan Terumbu Karang, diduga rusak berat akibat aktivitas tidak bertanggungjawab(Ist)

Selanjutnya ia menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan kesehatan ekosistem terumbu karang dengan membuat garis transek sepanjang 50 m di atas hamparan terumbu karang. Ditemukan tutupan karang di Teluk Kaba dalam kondisi rusak berat yang diduga akibat penggunaan bom ikan oleh oknum nelayan.

“Dimana pada stasiun pengamatan ditemukan adanya indikasi adanya kegiatan pengeboman ikan, penangkapan ikan dengan menggunakan potassium dan lain sebagainya,” ungkap pria yang juga berprofesi sebagai Dosen Ilmu Kelautan STIPER tersebut.(Red/Win/foto : Istimewa)

Artikulli paraprakEksotis Pantai Kutai Timur, Hidupkan Sektor Kelautan
Artikulli tjetërKepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kutim Kecam Perusakan Terumbu Karang di Teluk Kaba