Beranda kesehatan Diperbanyak Puskesmas 24 Jam

Diperbanyak Puskesmas 24 Jam

1126
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
 Puskesmas yang beroperasi  24 jam di Kutim, terus bertambah, Dinas Kesehatan Kutim menargetkan tahun ini ada 24 Puskesmas bisa memberikan pelayanan siang malam namun baru 19 yang sudah siap terutama untuk rawat inap.
Kepala Dinas Kesahatan Kutim dr Aisyah M Kes mengatakan, ke 19 Puskesmas isiap melayani masyarakat  khususnya untuk pelayanan gawat darurat dasar. Sedangkan pelayanan klinik dibuka sampai pukul 14.00 Wita. “Saat ini hanya Puskesmas Sangatta Utara dan Tepian Baru yang belum menerapkan pelayanan dua puluh empat jam,” jelasnya.
Diterangkan, berdasarkan  geografis dan jarak tempuh antara Sangatta sebagai Ibukota Kabupaten Kutim dengan beberapa kecamatan lainnya yang cukup jauh, karenanya pelayanan kesehatan  sangat dibutuhkan.
Ia menerangkan, sejak  tahun 2010 Pemkab Kutim  berusaha meningkatkan pelayanan kesehatan dengan   membentuk 6 puskesmas yang beroperasi 24 jam. Ke 6 Puskesmas, merupakan   percontohan. “Hasilnya menyenangkan masyarakat, artinya perbaikan pelayanan publik telah mencapai tujuannya,” aku Aisyah.
Aisyah  menegaskan membentuk Puskesmas yang beroperasi 24 jam dibutuhkan beberapa kesiapan dasar antara lain  ruang inap dan Unit Gawat Darurat serta ambulance. Selain itu memerlukan dokter, bidan, paramedis, asisten apoteker, maupun analis. “Karena butuh banyak persiapan, makanya pembentukan puskesmas dua puluh empat  jam dilakukan bertahap, karena untuk menyiapkan infrastruktur sebenarnya mudah tapi yang sulit menyiapkan SDM,” bebernya seraya menyebutkan dibutuhkan minimal dokter sebanyak 2 orang, 4 orang bidan, 4 orang paramedis, 2 asisten apoteker, dan 2 analis.(SK-02)

Artikulli paraprakRatusan PNS Suka Membolos…..!
Artikulli tjetërGembong SS Melawan, di Dor Polisi