Beranda ekonomi Erlyan Noor Akui Dukungan Terhadap Pengembangan TTG Masih Rendah

Erlyan Noor Akui Dukungan Terhadap Pengembangan TTG Masih Rendah

1449
0
Bupati Ardiansyah Sulaiman saat mengamati karya SMK Negeri 1 Bontang yang menampilkan sejumlah TTG sederhana namun bermanfaat membantu masyarakat.

SANGATTA,Suara Kutim.com (30/7)
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Bapemas dan Pemdes) Kutai Timur M Erlyanoor menyebutkan saat ini sokongan pemerintah dana pembinaan terhadap kelompok atau perorangan penciptaan teknologi sederhana namun tepat guna masih minim. Namun pemerintah daerah akan terus berupaya agar kreatifitas ini dapat terus berkembang dan tidak stagnan.
Ditemui disela mendampingi kunjungan Bupati Ardiansyah Sulaiman meninjau pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-3 se Kaltim, Kamis (30/7) siang berharap masyarakat dapat memanfaatkan segal sumber daya alam serta bagaimana melibatkan para pengusaha dalam melakukan pembinaan terutama Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).
“Memang tidak ada barang unggulan yang coba didorong oleh pemerintah daerah untuk dikembangkan, karena pemerintah berupaya bagaimana barang-barang hasil ciptaan kreatif ini dapat diunggulkan seluruhnya seperti teknologi pemutar es yang cukup murah dan ramah lingkungan,” sebut Erlyan Noor.
Erlyan menambahkan temuan-temuan masyarakat yang tampak sederhana dan mudah, akan dipatenkan agar tidak ada penjiplakan. “Sepintas apa yang dipamerkan peserta TTG umumnya ada di sekitar masyarakat, bahkan kerap melihat namun bagaimana proses pembuatan serta penggunannya banyak belum tahu,” beber Erlyan.
Achmaf Supriyoto – mantan anggota DPRD Kutim salah satu warga Kutim yang getol menciptakan berbagai alat untuk masyarakat, salah satu karya yang ia tampilkan yakni alat panjat pohon.
Karya Ahmad Supriyoto ini menjadi perhatian Bupati Ardiansyah Sulaiman yang sempat sama-sama berkarya di DPRD. Dalam Pameran TTG yang digelar hingga Juma (31/7) sore itu beragam karya ditampilkan diantaranya pengering hasil laut tenaga alternative, Plasmacluster One (PO) dan penebar pakan ikan yang kesemuanya ditampilkan SMK Negeri 1 Bontang.(SK-03/SK-11)

Artikulli paraprakBupati Ardiansyah Akui Jumlah TTG Dipamerkan Naik
Artikulli tjetërDiduga Diterkam Buaya, Galib Hilang Di Sungai Bengalon Saat Perbaiki Pompa Air