Beranda kutim Hutan Kota Banyak Manfaat

Hutan Kota Banyak Manfaat

0

Loading

Lokasi Hutan Kota Sangatta

SANGATTA,Suara Kutim.com
      Rencana pembuatan hutan kota di Sangatta Utara, semakin dimatangkan Dinas Kehutanan Kutim.  Pasalnya, Dishut bercita-cita hutan kota seluas 23 Ha selain sebagai icon Sangatta Juga bagian dari paru-paru kota.
 Kadishut Idham Edwin, menyebutkam,  mencari sebuah hutan di tengah kota  sulit bahkan boleh dikata  tidak ada. Terlebih-lenih  umumnya  kepemilikan lahan sudah  dikuasai masyarakat. Menurutnya bagi daerah yang baru berdiri seperti Kutim, untuk membangun hutan kota pasti memerlukan biaya tidak sedikit terutama untuk pembebasan lahan.
    Kepada wartawan, ia mengakui  keberadaan hutan kota dianggap   penting karena selain sebagai kawasan terbuka hijau yang menjadi filter udara kota. “Hutan kota juga diharapkan menjadi objek wisata  karenanya  diharapkan masyarakat bisa belajar mengenali beberapa jenis kayu dan tumbuhan lainnya,” beber Edwin.
            Terhadap rencana hutan kota yang sudah disetujui Bupati Isran Noor itu, ia mengakui masih ada  tegakan-tegakan alami seperti ulin, meranti dan kapur dengan diameter lebih besar. Didam[ingi pejabat Dishut lainnya, diakui untuk menumbuhkan pohon khas Kaltim berdiameter lebih satu meter sulit. “Ulin itu dalam setahun tumbuh hanya satu meter, artinya jika tingginya sampai tiga puluh meter dan lebar sampai satu meter bisa dibayangkan berapa tahun usianya,” ujar Edwin seraya menyebutkan untuk membebaskan lahan seluas 23 Ha dibutuhkan dana paling sedikit Rp30 M.(SK-03)
Artikulli paraprakSD DDI Terendam, Sekolah Diliburkan Sejak Senin
Artikulli tjetërDi Daerah Padat, Didi Sarankan MCK Terpusat