Beranda kesehatan Ispa Merebak, 2 Balita Tewas

Ispa Merebak, 2 Balita Tewas

1333
0
SANGATTA,Suara Kutim.com
Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) dalam beberapa bulan terkahir  meresahkan   warga Sangatta. Dinas Kesehatan Kutim mencatat   penderita  masih sangat tinggi.  Dalam waktu lima bulan,  tercatat sebanyak 58 orang   menderita Ispa Pneumonia dan Pneumonia Berat. Sedangkan yang bukan Pneumonia tercatat sebanyak 6.165 orang.  “Akibat Pneumonia tercatat dua balita   meninggal dunia, sedangkan penderita bukan Pneumonia diatas  lima tahun tercatat delapan ribu empat ratus empat orang dan Pneumonia dua puluh satu  orang,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Aisyah.
Aisyah mengatakan  ada kenaikan jumlah penderita setiap bulannya terutama   antara bulan Januari sampai  Mei, meningkat signifikan.  “Tapi sifatnya naik turun, namun ada kecendrungan meningkat,”  jelasnya.
Bersama Kabid Pemberantasan dan Penyehatan Lingkungan Muhammad Yusuf, disebutkan  Ispa  tidak hanya disebabkan  debu terutama dari jalanan namun bisa faktor cuaca khsususnya akibat  cuaca yang kerap berubah-ubah dalam beberapa bulan terakhir. “Sekarang debu  jalan sudah relatif baik dan debunya jarang, tetapi malah meningkat penderitanya,” jelas.

Sementara Yusuf menghimbau masyarakat  membentengi diri dengan pola hidup sehat. Selain itu, jika berpergian  selalu menggunakan masker ataupun sejenisnya. “Biasakan diri dengan pola hidup sehat dan menggunakan masker bila bepergian kemanapun karena partikel dari debu maupun virus yang terbawa udara sulit terdeteksi oleh mata,” urai Yusuf.(SK-02)
Artikulli paraprak2 Kelompok Pengedar SS Ditangkap Polisi
Artikulli tjetërAnak Dikhitan Pertamina, Orang Tua Syukuran