Beranda ekonomi Jadwal Pemberangkatan Haji Berubah, Kemungkinan Kutim Masuk Kloter V

Jadwal Pemberangkatan Haji Berubah, Kemungkinan Kutim Masuk Kloter V

858
0
Jamaah Haji Kutim Tahun 2019 sedang mengikuti manasik haji di Masjid Al-Faruq Sangatta.

SANGATTA (30/6-2019)

               Pemberangkatan Jamaah Haji Embarkasi Balikpapan setelah adanya penambahan quota mengalami perubahan, namun secara detail belum ditetapkan Kanwil Kemenag Kaltim. Kepala Kantor Kementarian Agama Kutim, Ambotang bersama Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah, Sofyansyah, Ahad (30/6) menerangkan jamaah haji asal Kutim yang berjumlah 216 orang semula termasuk dalam Kloter 10 Embarkasi Balikpapan, kini mengalami perubahan. “Perubahan terjadi karena adanya perubahan jadwal penerbangan setelah terjadi penambahan quota,” terang Ambotang.

                Ditambahkan Sofyan, sebelumnya dalam pembagian kloter Embarkasi Balikpapan dijatah 15 Kloter karena melayani jamaah Kaltim, Kaltara, Sulteng, dan Sulut yang kesemuanya berjumlah 6.826 orang termasuk petugas.

                “Saat itu Kutim berada di Kloter 10 bersama jamaah asal Paser sebanyak 254 orang, sementara Kutim 195 ditambah 5 sehingga menjadi 455 orang,” terang Sofyan seraya menambahkan Kloter 10 berangkat ke Jeddah tanggal 1 Agustus 2019 pukul 07.55 Wita.

                Namun berdasarkan jadwal terbaru, Kaltim mendapat pembagian untuk 6 Kloter dimana Kloter 1  berangkat ke Madinah  pada 19 Juli 2019 pukul 07.00 Wita, sementara Kutim diperkirakan Kloter 5 yang dijadwalkan masuk asrama haji pada tanggal Senin (22/7)  pukul 14.00 Wita, kemudian berangkat ke Jeddah dengan pesawat Garuda Indonesia Nomor Penerbangan GA 4103 pada pukul 14.30 Wita pada Selasa (23/7).

                Adanya perubahan jadwal pemberangkatan, terang Sofyan menyebabkan jadwal pemberangkatan maju 10 hari, namun tidak merubah status Kutim masuk dalam gelombang dua yang rute perjalanannya  Balikpapan – Jeddah – Makkah, Arafah, Mina – Makkah dan Madinah kembali ke Balikpapan.

                “Kepastian pembagian Kloter kemungkinan dalam beberapa hari kedepan, namun kami memperkirakan Kutim masuk Kloter 5, sedangkan Kloter 1 dan 2 umumnya daerah yang jumlah jamaahnya utuh seperti Samarinda dan Balikpapan,” jelasnya seraya setiap Kloter jumlah jamaahnya 455 orang terdiri 450 jamaah haji dan 5 orang petugas.(SK11)

Artikulli paraprakMantan SP2AB Kutim Sukses Kembangkan Ayam Kampung
Artikulli tjetërJalan Santai Bhayangkara Semarak