Beranda kutim Kurikulum 2013 Menyenangkan Siswa dan Guru

Kurikulum 2013 Menyenangkan Siswa dan Guru

1256
0
Mendikbud M Nuh Memberi Sejumlah Guru Buku
SANGATTA,Suara Kutim.com
Dalam era teknologi informasi dan komunikasi, dan era reformasi khususnya di bidang pendidikan yang terus berkembang secara dinamis telah memberikan pengaruh luar biasa terhadap sistem tata nilai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Disisi lain, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni menjadi tantangan lain yang perlu diantisipasi dengan sebaik-baiknya. Pengaruh dan tantangan itu perlu disikapi secara bijak dan cerdas agar tidak menimbulkan ketimpangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang. “Karenanya  penting dan perlu untik  membangun pendidikan yang bermutu dan bermakna untuk mewujudkan generasi bangsa Indonesia yang bermartabat, beradab, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis, dan bertanggung jawab,” ungkap Mendikbud Mohammad Nuh saat bertatap muka dengan ratusan guru se Kutim, Kamis tadi.
Disebutkan, secara empirik dapat diketahui  keberhasilan pembangunan pendidikan yang bermutu dipengaruhi oleh ketersediaan berbagai komponen pendukungnya salah satu diantaranya yaitu kurikulum yang dikembangkan dan digunakan pada tataran satuan pendidikan.
Oleh karena itu, kurikulum harus dikembangkan dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perkembangan berbagai tantangan dan tuntutan kompetensi yang diperlukan dalam pembangunan peradaban manusia Indonesia yang dicita- citakan pada masa mendatang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Sejak tahun 2001, telah mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK), kemudian pada tahun 2006 menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), setelah itu dilandasi  cita-cita luhur untuk menyiapkan dan membangun generasi muda Indonesia dikembangkanKurikulum 2013 secara nasional. “Pengembangan Kurikulum Dua Ribu Tiga Belas  didesain untuk menyiapkan dan membangun generasi muda Indonesia masa depan yang tangguh dan madani,” tegas M Nuh seraya menambahkan Kurikulum 2013 akan menyenangkan siswa dan guru.
Menurutnya, generasi muda Indonesia yang beradab, bermartabat, berbudaya, berkarakter, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab dalam mengawal kehidupan bangsa dan negara merupakan tujuan utama Kurikulum 2013.(SK-05)

Artikulli paraprakPersikutim Juara Grup Kompetisi Devisi I PSSI
Artikulli tjetërDisbun Ancam Pengusaha Perkebunan “Bandel”