Beranda kutim Kutim Berjuang Wujudkan KLA, Sejumlah OPD Siap Mendukung

Kutim Berjuang Wujudkan KLA, Sejumlah OPD Siap Mendukung

613
0
Perwakilan Forum Anak Kutim (FAK) saat membacakan 10 item permintaan kepada Pemkab Kutim di HUT Kutim ke 19.

SANGATTA (19/5-2019)

Pemkab Kutim  terus berusaha mewujudkan  predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan penilaian terbaik. Upaya keras ini melibatkan sejumlah h Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lintas sektoral. Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Aisyah menyebutkan belum lama ini dilakukan Rakor yang melibatkan OPD terutama Bappeda.

“Inti dari Rakor tempo hari yakni menetapkan OPD yang terlibat harus berbuat apa, rencana aksi mereka nantinya akan disingkronkan melalui Bappeda sehingga tidak ada satu bergerak jauh sementara rencana aksi lainnya tertinggal karena kurang dukungan dana atau programnya tidak diakomodir,” beber Aisyah.

Mantan Kadis Kesehatan Kutim ini menyebutkan sederet program yang dilakukan OPD seperti Dinas Perkim menyiapkan kawasan pemukiman yang ramah anak, sementara  Dinas Perhubungan membuat zebra cross dan zona aman lalu lintas di sekitar sekolah, sedangkan Dinas PU membangun trotoar yang aman bagi anak, Disdukcapil bekerjasama dengan pihak rumah sakit untuk program akta kelahirannya.

“OPD maupun sektor lain seperti pihak kepolisian diharapkan menciptakan program-program yang ramah anak. Program itu harus benar-benar dilaksanakan dan datanya dilaporkan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, selaku koordinator penilaian KLA,” sebut Aisyah.

Ia yakin jika semua OPD berperan dengan tugas pokok masing-masing, cita-cita mewujudkan Kutim KLA, terwujud. “Anak adalah generasi emas yang harus dijaga dan dilindungi, jika ia dibiarkan dalam pergaulan salah tentu berdampak terhadap masa depannya termasuk daerah bahkan bangsa,” tandasnya.(SK4)

Artikulli paraprakCatatan Perjalanan Haji (2)
Artikulli tjetërNikmatnya Bersedekah di Bulan Ramadhan (5)